Pemaknaan Hadis-Hadis tentang Zuhud di Media Sosial: Studi Kasus Akun Instagram Aa Gym
Abstract
In the digital era, social media plays a crucial role as a platform for disseminating various interpretations, including interpretations of hadiths about asceticism (zuhud). This study aims to analyze how hadiths on asceticism are constructed on social media, specifically through the Instagram account of Aa Gym. The methodology employed is qualitative research with a content analysis approach, where data were collected from posts on Aa Gym's Instagram account. Through the process of determining objects, creating categories, and analysis units, this study found that Aa Gym constructs interpretations of hadiths about asceticism by emphasizing the aspect of spirituality in drawing closer to Allah SWT, adopting a life stance that is not attached to worldly matters, and leading a simple and unexaggerated life. Furthermore, the research reveals that such interpretations are conveyed in a simple, easy-to-understand language that resonates emotionally with the audience, as evidenced by the number of positive comments on social media.
Abstrak: Dalam era digital, media sosial berperan penting sebagai platform untuk menyebarkan berbagai pemaknaan, termasuk pemaknaan hadis tentang zuhud. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hadis-hadis tentang zuhud dikonstruksi dalam media sosial, khususnya melalui akun Instagram Aa Gym. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi, dimana data diambil dari postingan akun Instagram Aa Gym. Melalui proses menentukan objek, pembuatan kategori, dan unit analisis, studi ini menemukan bahwa Aa Gym mengonstruksi pemaknaan hadis tentang zuhud dengan menekankan pada aspek spiritualitas dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, sikap hidup yang tidak terpaut pada duniawi, dan kehidupan yang sederhana serta tidak berlebihan. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkap bahwa konstruksi pemaknaan tersebut disampaikan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, dan mampu menyentuh hati audiens, seperti terlihat dari jumlah komentar positif di media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Wahid, Abd. Wahid. “KARAKTERISTIK SIFAT ZUHUD MENURUT HADIS NABI SAW.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 13, no. 1 (December 2017): 66. https://doi.org/10.22373/jim.v13i1.2356.
Al-Mubarakfuri, A U M R R. Tuhfah Al-Ahwazi Bi Syarh Jami’ Al-Turmudzi. Kairo: Dar al-Hadits, 2013.
Al-Syaibani, A H M I A H. Musnad Ahmad Ibn Hanbal. Beirut: Dar al-Kutub Ilmiyah, 2008.
Aris, A, and I Iskandar. “Tinjauan Komunikasi Islam Tentang Dampak Jejaring Sosial Facebook (Kasus Pada Mahasiswa Stain Parepare.” KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan … 6, no. 2 (2016): 62–87. https://almaiyyah.iainpare.ac.id/index.php/komunida/article/view/407%0Ahttps://almaiyyah.iainpare.ac.id/index.php/komunida/article/download/407/310.
Cahyana, I Made, Ismirihah Aeres, and Rival M. Rijalul Fahmi. “Silaturahmi Melalui Media Sosial Perspektif Hadits Metode Syarah Hadits Bil Ra’yi).” Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2021): 213–24.
Endrika Widdia Putri. “Zuhud Milenial Dalam Hadist.” El-Afkar 02, no. 09 (2021): 60–80.
Fernando, Henky, Yuniar Galuh Larasati, and Saifuddin Zuhri Qudsy. “The Viral of Hadist: Dimensi Dan Makna Meme #Hadis Dalam Media Sosial Instagram.” Satya Widya: Jurnal Studi Agama 6, no. 1 (2023): 73–93. https://doi.org/10.33363/swjsa.v6i1.961.
Hafiun, M. “Zuhud Dalam Ajaran Tasawuf.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 14, no. 1 (2017): 77–93.
Hapiz Ilham Maulana, Al- Fian Febriyanto, Engkus Kusnandar, Aah Syafaah, Izzudin. “Zuhud Versi Era Milenial Dalam Perspektif Hadis: Sebuah Kajian Pada Kitab Sunan at-Tirmidzi Di Bab Zuhud.” Gunung Djati Conference Series 21, no. 2023 (2024): 1–12.
Miski, Miski. “FENOMENA MEME HADIS CELANA CINGKRANG DALAM MEDIA SOSIAL.” Harmoni 16, no. 2 (2018): 291–306. https://doi.org/10.32488/harmoni.v16i2.7.
Nasution, S. “Sikap Zuhud: Persepektif Hadis Tematik.” Jurnal Akademika 1, no. 1 (2022): 55–64.
Nur Rafiza, Siti, and Firmansyah Firmansyah. “Mistik Kebahagiaan Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Ekshis 1, no. 1 (April 2023): 43–54. https://doi.org/10.59548/je.v1i1.22.
Pangestu, Perdana Putra. “Efektivitas Dakwah Hadis Dalam Media Sosial: Analisis Atas Teori Framing Robert N. Entman.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 6, no. 1 (June 2021): 67. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2958.
Qudsy, Saifuddin Zuhri. “MEME HADIS CELANA CINGKRANG: MENCIPTAKAN BUDAYA TANDING.” 28 Juli, 2016. https://jalandamai.org/meme-hadis-celana-cingkrang-menciptakan-budaya-tanding.html.
Saefudin, Maulana Wahyu, Agus Suyadi Raharusun, and Muhamad Dede Rodliyana. “Konten Hadis Di Media Sosial: Studi Content Analysis Dalam Jejaring Sosial Pada Akun Lughoty.Com, @RisalahMuslimID, Dan @thesunnah_path.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 2, no. 1 (2022): 19–49. https://doi.org/10.15575/jpiu.13580.
Sosiawan, Edwi Arief. “Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 1 (2020): 60–75. www.december.com/cmc/mag//jan/ferris/html.
Wahid, Abd., Mazlan Ibrahim, Bukhori Abdul Shomad, Andri Nirwana AN, and Damanhuri Damanhuri. “UTILIZING ZUHD HADITHS FOR UPPER-CLASS CRIME PREVENTION.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 23, no. 2 (August 4, 2023): 263. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i2.17353.
Wijaya, Roma. “Rekontruksi Ajaran Sufistik Era Medsos (Kajian Konsep Zuhud).” Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits 17, no. 1 (June 2023): 23–36. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v17i1.13768.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v26i1.23009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Abu Bakar, Zulfirman Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN
DITERBIKAN OLEH:
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA
ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.