Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Hamka
Abstract
Islamic education is unique as it is based on the guidance of the Quran, requiring educators to continuously enhance their morals and apply teaching methods that are easily accepted by students. Ki Hajar Dewantara proposed the educational trilogy, Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani, which resonates with Islamic values. This study aims to analyze this educational trilogy from the perspective of Buya Hamka's Tafsir Al-Azhar, specifically Surah Al-Ahzab verse 21, Al-Isra verse 36, and An-Nahl verse 43. Using a qualitative approach and library research method, this study links Ki Hajar Dewantara's educational concepts with Islamic educational principles. The findings reveal that the educational trilogy aligns with Islamic teachings, emphasizing the importance of exemplarity, motivation, morality, and independence in the educational process. Teachers play a crucial role as role models and facilitators, aiding students in developing their potential according to Islamic values. This study underscores the necessity of professionalism and morality in teachers to cultivate students who are not only intellectually capable but also possess noble character. Integrating the educational trilogy with Islamic values is hoped to be a solution to current educational challenges and moral crises.
Abstrak: Pendidikan Islam memiliki keunikan karena berlandaskan pada tuntunan Al-Quran, yang menuntut pendidik untuk terus meningkatkan adab dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat diterima oleh peserta didik. Ki Hajar Dewantara mencetuskan trilogi pendidikan, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani, yang memiliki relevansi dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trilogi pendidikan tersebut dalam perspektif Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka terhadap Surah Al-Ahzab ayat 21, Al-Isra ayat 36, dan An-Nahl ayat 43. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka, penelitian ini mengaitkan konsep trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara selaras dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya keteladanan, semangat, moralitas, dan kemandirian dalam proses pendidikan. Guru berperan penting dalam menjadi teladan dan fasilitator, membantu siswa mengembangkan potensi mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menekankan pentingnya profesionalisme dan moralitas guru untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga memiliki akhlak mulia. Integrasi konsep trilogi pendidikan dengan nilai-nilai Islam diharapkan menjadi solusi bagi tantangan pendidikan dan krisis moral saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar, Abd. Syukur. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5 (Telaah Pemikiran Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah).” Inspiratif Pendidikan 11, no. 2 (2022): 363–77. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34751.
Ahmad Izzan dan Saehudin. Tafsir Pendidikan, Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Banten: Shuhuf Media Insani, 2012.
Amrullah, Abdul Malik Karim. Tafsir Al-Azhar: Jilid 7. Depok: Gema Insani, 2015.
Anisa, A N A. “DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH ANNAJAH PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN SKRIPSI Disusununtuk Melengkapi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd ),” 2018.
Bakhri, Amirul, and Surahmat. “NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT LUQMAN AYAT KE-12 SAMPAI KE-19 MENURUT IBNU KATSÎR DALAM KITAB TAFSÎR AL-QUR`AN AL-‘AZHÎM.” Al-Athfal 3, no. 2 (2022): 99–120. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v3i2.541.
Basuki, Dkk. “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.” Artikel Pendidikan 1, no. 1 (2022): 20–28.
Fadhilah, Na’im, and Deswalantri Deswalantri. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 3 (2022): 13525–34. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4468.
Fawaid, Imam. “Rekonstruksi Makna Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani Oleh Ki Hadjar Dewantara.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2, no. 1 (November 12, 2021): 38–46. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v2i1.16.
Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hami, Widodo. “Pendidikan Dan Pengajaran Dalam Al-Quran : Analisis Semantik Toshihiko Izutsu.” Madaniyah 11, no. 2 (2021): 151–62. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/190.
Hardiyati, Mikyal, and Umi Baroroh. “Tujuan Dan Materi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran.” JURNAL PENELITIAN 13, no. 1 (June 21, 2019): 97. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4921.
Hidayat, Usep Taufik. “Tafsir Al-Azhar : Menyelami Kedalaman Tasawuf Hamka.” Buletin Al-Turas 21, no. 1 (January 28, 2020): 49–76. https://doi.org/10.15408/bat.v21i1.3826.
Jannah, Miftahul, and MOh Jufriyadi Sholeh. “KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERBICARA DALAM BINGKAI KAJIAN TAFSIR NUSANTARA.” REVELATIA: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 2, no. 1 (June 14, 2021): 48–58. https://doi.org/10.19105/revelatia.v2i1.4366.
Kholidin, Agus. “Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Di Smp Muhammaddiyah 4 Metro Utara.” Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Di Smp Muhammadiyah 4 Metro Utara, no. 465 (2018): 106–11.
Kusumastita, Imelda Indah. “IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA.” JURNAL REFORMA 9, no. 2 (2020): 104. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.318.
Marwany, Marwany, Besse Nirmala, and Suyitno Muslim. “The Concept of Independent Learning to Stimulate Creativity of Early Children: A Study of Ki Hajar Dewantara’s Philosophy.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 2 (2023): 1489–96. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1496.
Muhazzaroh, Fauziyatun. “Konsep DanTujuan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Tafsir Al-Quran Surat Al-Baqoroh.” Journal Islamic Pedagogia 2, no. 1 (December 13, 2022): 11–18. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.22.
Munajat. “KETELADANAN PERSPEKTIF HAMKA KAJIAN TAFSIR AL- AZHAR.” PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDDIN UIN SYARIF HIDAYATULLAH, 2021.
Mursal, Mursal. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUYA HAMKA.” Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11, no. 2 (February 21, 2023): 101–15. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i2.638.
Perdani, Anisa Sofiana, Hasan Busri, and Akhmad Tabrani. “Perjalanan Pendidikan Di Indonesia Dalam Perspektif Filosofis Ki Hajar Dewantara.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 18, no. 2 (March 7, 2024): 1197. https://doi.org/10.35931/aq.v18i2.3124.
Purnama, R, and Inong Satriadi. “Karakteristik Dan Peran Pemuda Menurut Buya Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar,” 2023. https://doi.org/10.31958/lathaif.v2i2.10916.
Putri, Tri Ananda, and Mhd Ihsan Syahaf Nasution. “IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SMK TAMANSISWA DI KOTA TEBING TINGGI.” Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah 5, no. 1 (January 9, 2020): 84. https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18277.
Qomariyah, Siti, and Wendy Asswan Cahyadi. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Al-Quran.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 4 (April 4, 2023): 2692–2700. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1888.
Riadi. “Trilogi Pendidikan Islam : Menyingkap Interrelasi , Menguatkan Eksistensi.” Muaddib 03, no. 02 (2013): 104–28.
Romario, Ahmad Wawan, Adriyan Saputra, and Baktiar Nasution. “Ki Hajar Dewantara Dan Pendidikan Di Indonesia.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 1 (June 28, 2023): 52–60. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753.
Setiawan, Agus. “Peran Guru Menurut Perspektif KI HADJAR DEWANTARA.” UIN Syarif Hidayatullah, 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34695/1/Agus Setiawan-FITK.
Siti Fatimah, and Sutrisno. “Pembentukan Akhlak Melalui Suri Tauladan Rasullulah Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (January 3, 2022): 28–39. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.375.
Usman, Usman. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).” Jurnal Al-Qiyam 2, no. 1 (June 27, 2021): 168–75. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.204.
Widyalistyorini, Dian, Nurul Istiq’faroh, and Hendratno Hendratno. “Implementasi Teori Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Praktik Pembelajaran Dan Dampaknya Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia 1, no. 1 (May 1, 2024): 36–43. https://doi.org/10.61476/84nhq902.
Zubaidillah, Muh. Haris. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Alquran Perspektif Muhammad Sayyid Ahmad Al-Musayyar.” Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan 9, no. 2 (2018): 176–93.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v26i2.23844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Ubaidillah, Jaka Ghianovan, Asgar Muzakki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN
DITERBIKAN OLEH:
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA
ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.