Pemikiran Filsafat Al-Farabi

M. Wiyono

Abstract


Abstract: Al-Farabi was a Muslim philosopher who systematically laid the foundation of the basic Islamic philosophy in detail and easy to understand for later generations. His philosophical thoughts were influenced by the Greek philosophy. According to him, the world occurs because the first entity  (Allah) was abundant in stages called emanation. Philosophers acquired the truth by using the power of reasoning, while the prophets acquired it through God revelation to humans He chose. His thought in politics such as a major state resembles Plato's concept of ideal state. The leader is the first actor who brings citizen to happiness just like the function of the heart in a body with other organs acting as assistants to achieve the desired happiness.

 

Abstrak: Al-Farabi adalah filososf muslim yang meletakkan dasar-dasar filsafat Islam secara sistematis dan rinci untuk memudahkan pemahaman bagi orang orang setelahnya, pemikiran filsafatnya dipengaruhi oleh pemikiran filsafat Yunani. Menurutnya alam ini terjadi dari sebab wujud pertama (Allah) yang melimpah secara bertingkat dan disebut emanasi, sedangkan untuk memperoleh kebenaran para filosof memperolehnya dengan menggunakan kekuatan akal sedangkan para Nabi memperolehnya melalui wahyu yang dituangkan kepada manusia pilihanNya. Pemikiran al-Farabi dalam bidang politik seperti negara utama menyerupai konsep negara idealnya Plato. Pemimpin adalah penggerak pertama masyarakat untuk mendapat kebahagiaan, sebagaimana kedudukan hati dalam jasad, sedangkan anggota tubuh lainnya adalah pembantu untuk menghasilkan kebahagiaan yang dicita-citakan.

 


Keywords


Al-Farabi, metafisika, kenabian, negara utama, emanasi, dan akal.

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, Aim, Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Grafindo, 2006.

Al-Badawiy, Abd. Rahman, Rasā’il falsafiyyah, Beirut: Dār Andalusi, tt

Al-Farabi, ‘Arā’ ahl al-Madīnah al-Fadhīlah, tahqiq, Al-Biir Nasri Nadir, Beirut: Daar AlMasyriq,tt

______, Ihshā’ul ‘Ulūm , Beirut : Inmaul Qaumiy, tt

______, Tahshīlus Sa’ādat, tahqiq DR. Alibu Mulham, Beirut: Daar al Hilal, 1995.

Amin Abdullah, Aspek Epistemologis Filsafat Islam, Makalah Diskusi, Yogyakarta, 1992.

Armstrong, Karen, Sejarah Tuhan, terj. Zaimul Am, Bandung: Mizan Utama, 2003.

Bagir, Haidar, Buku Saku Filsafat, Bandung: Mizan, 2006.

Bakar, Osman, Hierarki Ilmu: Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut AlFarabi, Al-Ghazali dan Quthb Al-Din Al-Syirazi, diterjemahkan oleh Purwanto Bandung: Mizan, 1997.

Darmodiharjo, Darji, Pokok-pokok Filsafat Hukum Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2006.

Drajat, Amroeni, Suhrawardi: Kritik Falsafah Paripatetik, Yogyakarta: LkiS, 2005.

Fuadi, “Peran Akal menurut Pandangan al-Ghazali”, dalam Jurnal Substantia, Vol. 15, No. 1, April 2013.

Halim Mahmud, Ahmad, at-Tafkīr al-Falsafī al-Islamī, Kairo: Dār al Ma’ārif, tt

Hardiman, F. Budi, Politik sebagai Pengawasan Tubuh, Sebuah Tinjauan Filosofis atas Hubungan Politik dan Erotik dalam Politea Plato, Studia Philosophica et Theologica. Volume 9. No.1, 2009.

Hatta, Muhammad, Alam Pikiran Yunani, Jakarta: UI Press, 2001.

Hawa, Said, Allah Jallā Jalāluhu, diterjemahkan oleh Muhtadi Abdul Mun’im, Allah swt., Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Husein Nashr, Sayyed dan Oliver Leaman, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam I, Terj. Penerjemah Mizan, Bandung: Mizan, 2003.

Ibn Taymiyah, Kitab al-Safagiyah, tahqiq oleh Muhammad Rasyid Salim Irfan, A.N, Masuknya Unsur-unsur Pemikiran Spekulatif dalam Islam: Kajian Atas Logika dan Metafisika al-Farabi, CMES: Jurnal Studi Timur Tengah. Volume 7, No. 2, 2014.

Juwaini and Nik Yusri bin Musa, Konsep Akal :Suatu Analisis Terhadap Pemikiran alFarabi danIbnu Sina." Dalam Jurnal Substantia Volume 12. No.2 Oktober 2010.

K. Bertens, Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2008.

Kartanegara, Mulyadhi, Mengislamkan Nalar: Sebuah Respon Terhadap Modernitas, Jakarta: Erlangga, 2007.

M. Hatta, Alam Pikiran Yunani, Jakarta: UI Press,

Majid, Abdul. “Filsafat Al-Farabi Dalam Praktek Pendidikan Islam”. Jurnal Manarul Alquran, abcd.unsiq.ac.id Maksum, Ali, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2009.

Masfoefah, Siti., Eksistensi Jiwa Menurut al Kindi. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 1996.

Muhammad, Hasbi, “Pemikiran Emanasi Dalam Filsafat Islam dan Hubungannya dengan Sains Modern”, Al-Fikr. Volume 14. No. 3, 2010.

Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution, Bandung: Mizan, 2000.

Nurdin, M. Amin, Sejarah Pemikiran Islam, (ed), (Jakarta: AMZAH), 2015

Nurseha Dzulhadi, Qosim, “Al Farabi Dan Filsafat Kenabian”, Jurnal Kalimah, Maret, volume. 12, 2014.

Petrus L.Tjahjayi, Simon, Petualangan Intelektual: konfrontasi dengan para filusuf dari zaman yunani hingga modern, Yogyakarta: Kanisius, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v18i1.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 M. Wiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN 
DITERBIKAN OLEH: 
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA

 

ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.