PEMBELAJARAN MELALUI MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SEL DI SMA NEGERI 2 SABANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sultan, W. H., Woods, P. C., & Koo, A. C. 2011. A Constructivst Approach for Digital Learning: Malaysian Schools Case Study. Journal of Educational Technology & Society, 14 (4): 149-163.
Li Xiaobao. 2006. Cognitive Analysis of Student’s Errors and Misconceptions in Variables, Equations, and Functions. Texas: A&M University.
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Vembriarto. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.
Adisendjaja, Y. H & Oom R. 2007. Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMU. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ibrahim, M. 2012. Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.
Sagap, S. N. H. & Muchlis D. 2014. Analisis Pemahaman Konsep Biologi Menggunakan Pilihan Ganda Beralasan Dalam Materi Pokok Sel Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Jurnal e-Jipbiol, 2(3): 1-8.
Suryabrata. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Hakim, A., Liliasari & Kadarohman. 2012. Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal Of Educational Sience, 4(3): 544-553.
Widodo, A. 2007. Konstruktivisme dan Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 64 (13).
Allen M. 2010. Misconceptions in Primary Science. New York: Open University Press.
Fuadah, K., Gatot S., & Muji S.P. 2015. Analisis Butir Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sel. Jurnal BioEdu, 4(1): 729-732.
Sipatuhar, H. & Adriana Y.D. 2015. Koreksi Miskonsepsi Mahasiswa Terhadap Materi Biologi Sel Dengan Media Pembelajaran Berbasis Video. Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak. Hal 471-481.
Maks, A.S. & Arthur G. 1997. Benefits of Self-Paced Learning Module for Teaching Quantitative Methods in Environmental Science. International Journal of Science Education, 19 (7): 835-848.
Hapsari, N.D., Ari W. 2015. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi Siswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Konstruktivis-Metakognitif. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016. Hal. 591-598.
Dehghani, M. (2011). Relationship Between Students’ Critical Thinking And Self-Efficacy Beliefs In Ferdowsi University Of Mashhad, Iran. Procedia Social And Behavioral Sciences, 15: 2952-2955.
Nur, A.S. 2013. Peran Konsep Diri dan Minat Belajar Biologi terhadap Penguasaan Konsep Biologi dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediator pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v5i2.3025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)