MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN ULAR TANGGA

Aknes Aulia, Hibana

Abstract


Anak usia dini analah anak yang masih harus diberikan stimulasi, dalam hai tersebut peneliti memilih permain ular tangga dalam mengemangkan kemoampuan emosional anak. Metode yang digunakan berupa kualitatif lapangan dengan teknik pemngumpulan datang observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan permainan ular tangga mampu mengembangkan kemampuan sosial emosonal anak. Permainan ular tangga juga permainan yang mampu merangsang anak untuk belajar memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah sederhana tanpa dapat disadari oleh anak itu sendiri, baik secara individual maupun secara kelompok.

Keywords


sosial emosional; permaian ular tangga

References


Ali Nugraha. Metode Perkembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Ananda, Rizki, Dan Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak Kb.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1 (2018): 20. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i1.3.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Elizabeth, Harlock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1998.

Lubis, M. Y. “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1 (2019).

Marlinah, M, Dan N Y Priyanti. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B Di Tk Al Khairiyah Jatibening, Bekasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 20 (2021):413542.Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1525.

Mukhtar Latif, Dkk. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2013.

Munar, Asyiful, Hibana Hibana, Dan Susilo Surahman. “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 8,No.2(2021):19.Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V8i2.10691.

Nurjannah. “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 14, No. 1 (2017). Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2017.141-05.

Syafrida, Rina. “Stimulasi Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Media” Iii (2012): 26–32.

Ummah, Silvi Aqidatul, Dan Novida Aprilina Nisa Fitri. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Seling (Jurnal Program Studi Pgra) 6, No. 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aknes Aulia, Hibana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.