MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN ULAR TANGGA

Authors

  • Aknes Aulia, Hibana Program Magister Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14469

Keywords:

sosial emosional, permaian ular tangga

Abstract

Anak usia dini analah anak yang masih harus diberikan stimulasi, dalam hai tersebut peneliti memilih permain ular tangga dalam mengemangkan kemoampuan emosional anak. Metode yang digunakan berupa kualitatif lapangan dengan teknik pemngumpulan datang observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan permainan ular tangga mampu mengembangkan kemampuan sosial emosonal anak. Permainan ular tangga juga permainan yang mampu merangsang anak untuk belajar memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah sederhana tanpa dapat disadari oleh anak itu sendiri, baik secara individual maupun secara kelompok.

Author Biography

  • Aknes Aulia, Hibana, Program Magister Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

    Program Magister Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Ali Nugraha. Metode Perkembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Ananda, Rizki, Dan Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak Kb.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1 (2018): 20. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i1.3.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Elizabeth, Harlock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1998.

Lubis, M. Y. “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1 (2019).

Marlinah, M, Dan N Y Priyanti. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B Di Tk Al Khairiyah Jatibening, Bekasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 20 (2021):413542.Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1525.

Mukhtar Latif, Dkk. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2013.

Munar, Asyiful, Hibana Hibana, Dan Susilo Surahman. “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 8,No.2(2021):19.Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V8i2.10691.

Nurjannah. “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 14, No. 1 (2017). Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2017.141-05.

Syafrida, Rina. “Stimulasi Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Media” Iii (2012): 26–32.

Ummah, Silvi Aqidatul, Dan Novida Aprilina Nisa Fitri. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Seling (Jurnal Program Studi Pgra) 6, No. 1 (2020).

Published

2022-07-23

Issue

Section

Articles