PEMBINAAN PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK MELALUI SUPERVISI
Abstract
memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kompetensi
kemampuan berkomunikasi dengan siswanya, mempunyai jiwa kreatif dan
produktif, mempunyai etos kerja dan komitmen tinggi terhadap profesinya dan
selalu melakukan pengembangan diri secara terus menerus melalui organisasi
profesi, buku, seminar dan semacamnya. Guru yang professional amat berarti
bagi pembentukan sekolah unggulan. Supervisi merupakan bantuan, arahan dan
bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Supervisor secara kontinu
memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai
masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru
serta yang berkaitan dengan bidang profesinya. Salah satu kegiatan untuk
membina guru menjadi professional adalah melalui supervisi. Fungsi dari
pelaksanaan supervisi adalah mengontrol dan mengkoordinasikan
penyelenggaraan pendidikan taman kanak-kanak dalam rangka meningkatkan
dan mengembangkan kualitas taman kanak-kanak secara keseluruhan dari proses
belajar, pengajar dan administrasi sekolah yang mendukung berlangsungnya
pembelajaran. Kegiatan supervisi harus dilakukan secara terencana dan
terorganisir dengan sebaik-baiknya sehingga secara terus menerus dapat
meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah dan guru taman kanakkanak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Bafadal, Ibrahim, Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak, Jakarta:
Bumi Aksara, 2012
Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bahan Dasar Peningkatan Wawasan
Kependidikan Guru TK Program Kegiatan Belajar Pengembangan Agama Islam,
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Purwanto, Ngalim, Supervisi dan Administrasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda
Karya, 2007
Suhardan, D, Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar
dalam Mimbar Pendidikan, Bandung: UPI, 2010.
Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa, 1999
Yahya, Murip, Profesi Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Zahroh, Aminatul, Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi
Profesionalisme Guru, Bandung: Yrama Widya, 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: