IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN PINTAR ANGKA MODIFIKASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM SHABRINA
Abstract
Artikel ini disusun berdasarkan penelitian dengan tujuan peneliti ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media papan pintar angka modifikasi terhadap kemampuan berhitung pada anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak TK Islam Shabrina Padang dan sampel yaitu kelas B3 dan B2 masing-masing berjumlah sebanyak 14 orang anak. Teknik pengumpulan data berupa tes lisan dan perbuatan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata pre-test sebesar 13,5 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen 13,8. Sementara itu hasil rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 20,6 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 21,8. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis nilai sig (2-tailed) 0,014<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media papan pintar angka modifikasi terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alda Afrilianti, Alivia, and Rosa Bella,
‘Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI.2 (2014), pp. 156–71 https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
Dadan Suryana, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran’ (Prenada media, 2023).
Dadan Suryana, ‘Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak’ (Prenada media group, 2018). Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: UPI Repository.
Elytasari, Suvidian, ‘Esensi Metode Montessori Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini’, Jurnal Bunayya, 3.1 (2017), pp. 63–72 https://jurnal.arraniry.ac.id/Index.Php/Bunayya/Article/View/2045/156
F. Ibda, ‘Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget’, Intelektualita, 3.1 (2015), p. 242904.
Himmatul Farihah, ‘Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka’, Seling Jurnal Program Studi PGRA, 3.5 (2017), pp. 24–39.
Husna, A., & Nurhafizah, N. (2022).
Strategi Pembelajaran Matematika Mengenal Nilai dan Angka Melalui Bermain dan Benda-benda Konkret Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 24-33.
M. A Musi, ‘Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi Dengan Media Gambar’, Jurnal Penelitian Pendidikan INSAN, 19.1 (2016), pp. 36–41.
Mardianto, ‘Pemanfaatn Lingkungan Sebagai Media Sumber Belajar’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.1 (2019).
Mery Baratta dan Lorton, ‘Mathematics Their Way’ (E. stok, 1976), p. 92.
Nabila Ulfah Maghfi and Suyadi, ‘Seling Jurnal Program Studi PGRA Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Papan Pintar (Smart Boart)’, Seling ‘Jurnal Program Studi PGRA’, 6.2 (2020), pp. 157–70 .
Nurhafizah Nurhafizah, ‘Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa’, Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2.2b (2018), pp. 44–53, doi:10.35568/earlychildhood.v2 i2b.288.
Sri Juani Purwaningsih and others, ‘Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Dinda Kids Kota Pekanbaru PG PAUD FKIP Unversitas Lancang Kuning Email :Sjpurwaningsih@gmail.Com PG PAUD FKIP Unversitas Lancang Kuning Email : Reswita’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.1 (2018), pp. 49– 60.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Alfabeta, 2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi,R& D, Dan Penelitian Pendidikan) (Alfabeta, 2023).
Susanto Ahmad, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (UPI Repository, 2013).
Syifaun Nafisah and Yayang Furi Furnamasari, ‘Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat’, Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1.3 (2023), pp. 208– 16 .
Trisnawati Eki, ‘Penerapan Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Di Paud Witri 1 Kota Bengkulu’, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.25182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Welsi Novrianti, Nurhafizah Nurhafizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: