PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA STICK WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Maiyida Safita, Dadan Suryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan warna melalui media stick warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian anak usia 4-5 tahun, objek penelitiannya berupa media stick warna terhadap kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data diambil dari hubungan antara analisis data dengan pengumpulan data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan warna melalui media stick warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif melalui media stick angka ini terdiri dari lingkup perkembangan berpikir logis dan berpikir simbolik. Hasil analisis kemampuan kognitif lingkup perkembangan berpikir logis melalui media stick angka dapat dilihat dari cara anak mengklasifikasikan benda atau stick warna sesuai dengan kelompok warna yang sama. Kemudian anak mampu mengenal pola warna meskipun stick memiliki warna yang berbeda-beda, sehingga perbedaan tersebut mampu diurutkan dengan warna yang sesuai. Hasil analisis kognitif berpikir simbolik dilihat dari kemampuan anak dalam menghitung atau membilang stick warna kemudian menyesuaikan dengan angka yang ada pada papan stick. Anak juga mampu mengenal konsep bilangan setelah mengitung jumlah stick, kemudian mengenal lambang bilangan sesuai angka yang disediakan di papan stick.

Keywords


Pengenalan Warna, Media Stick Warna, Kemampuan Kognitif Usia 4-5 Tahun

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Arimbi, D.Y., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1):64-71.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kemabng Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1):50-58.

Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Jurnal Al-Afkar, 5(1):26-42.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1):1-20.

Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al-Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2):131-144.

Filtri, H., & Sembiring, K.A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 1(2):169-178.

Habibah, M. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik (Studi pada Lembaga Pendidikan MI Al-Kautsar Yogyakarta). Journal of Islamic Education Research, 1(2):29-38.

Hanafi, I & Sumitro, A.E. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget” dan Implikasinya dalam Pembelajaran. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2):87-93.

Hasiana, I & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2):131-138.

Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2):181-189.

Hidayati, S., Robingatin., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1):23-37.

Indamah & Khotimah, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 Melalui Permainan Abacus Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Nur Amin Ridwan Gadingmangu Perak Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 7(1):1-7.

Juwantara, A.R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Imiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1):27-34.

Karim, B.M., & Wifroh, H.S. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(2):103-113.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1):42-50.

Rahayu, E., Suryanti, H.H., & Setiawan, Y.H.M. (2019). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Kelompok B. Jurnal Audi, 4(1):28-34.

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1):56-67.

Suciati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Media Kartu Angka Pada Kelompok B di TK Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2):48-63.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsih, Nurmalia, & Astuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1):72-77.

Suryana, D & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang.

Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2):196-201.

Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No 58 Tahun 2009. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2):54-61.

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1(3):1-11.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(1):67-82.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulus & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Yahya, A. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2):97-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maiyida Safita, Dadan Suryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.