EFEKTIFITAS PERMAINAN PAPAN GANTUNG HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK VILLA BETA TABING PADANG

Yanisa, Prima Aulia -

Abstract


Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk melihat keefektifan permainan papan gantung huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan pengamatan di Taman Kanak-kanak Villa Beta terhadap kemampuan membaca anak, terlihat kemampuan membaca pada anak kurang berkembang, masih ada sebagian anak yang belum memahami dan mengenal huruf vokal, huruf konsonan, bahkan belum mampu membedakan bentuk huruf yang hampir sama. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test-post-test. Untuk pengumpulan datanya menggunakan tes. Sedangkan untuk pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan papan huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hasil rata-rata nilai pretest yaitu 12,58, sedangkan hasil nilai rata-rata posttest yaitu 22,33. Nilai effect size penelitian ini adalah sebesar 3,29 yang berarti permainan papan gantung huruf ini efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak.

Keywords


Kemampuan Membaca, Papan Gantung Huruf

Full Text:

PDF

References


Amelia, L., Wahyuni, S., & Rina. (2017). Efektifitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di TK Kartika XIV-11 Banda Aceh. 4(September 2017), 83–96. Retrieved from https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path[]=41?journal=home&page=article&op=view&path[]=41

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, P. (2018). Efektifitas Permainan Tradisional Cak Bur Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan:Early Childhood, 2(2), 1–7.

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal EMPOWERMENT, 6(2), 19–24.

Hardiyanto, A. (2009). Membuat Anak Anda Pintar Membaca! Panduan dan Metode Penerapannya. (Bahan Pokok Par Guru dan Orangtua). Jogjakarta: Diva Press.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wahyudin, E. (2017). Pengaruh Media Flipchart Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Tk Negeri Pembina Ciawigebang. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 137–143. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/9353

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gaya Media.

Zuliatin. (2017). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Papan Baca Pintar Pada Anak Kelompok A TK Tapas Fathul Falah Simo Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(7), 1–7. Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/c714f534a28845d76b4865c9484a11ca.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.