PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN DI TK IT AN-NAJAH

Kia Monika

Abstract


Pembelajaran entrepreneurship penting dilakukan bagi anak usia dini, karena dalam kehidupan sehari-hari anak akan sering mengalami entrepreneur/jual beli secara langsung. Melalui sentra bermain peran dalam pembelajaran entrepreneurship bagi anak memungkinkan anak secara langsung memerankan peran sebagai penjual dan pembeli serta mengenal mata uang yang digunakan sebagai alat tukar untuk membeli sesuatu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manfaat sentra bermain peran bagi anak usia dini dan untuk meningkatkan pembelajaran entrepreneurship melalui sentra bermain peran. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran entrepreneurship melalui sentra bermain peran memiliki banyak manfaat, diantaranya anak dapat berperan sebagai penjual dan pembeli, anak dapat mengenal angka, mengenal mata uang, dan mengenal warna. Anak juga sangat antusias mengikuti pembelajaran ini. antusiasme anak muncul karena dalam sentra bermain peran ini memberikan kesempatan bagi anak untuk lebih aktif, tertarik, dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Keywords


Entrepreneurship; Sentra Bermain Peran; AUD

Full Text:

PDF

References


Halimah, Leli. (2016). Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasan, Maimunah. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Putra, Windisyah. (2014). Mencerdaskan Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Media Utama.

Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori Dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suherman, Eman. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujiono, Y. Nuraini. (2010). Bermain Kreatif. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi. (2011) . Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Wijatno, Serian. (2012). Entrepreneurship Untuk TK. Jakarta: Salemba Empat.

Zukhairina. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kia Monika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.