Upaya Ibu Keturunan Aceh yang Berdomisili di Kota Bandung dalam Mengajarkan Bahasa Aceh sebagai Bahasa Ibu kepada Anak (Studi Kasus di Kota Bandung)

Faizatul Faridy -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya orangtua khususnya ibu dalam mengajarkan anak usia dini bahasa daerah sebagai bahasa ibu ketika keluarga tinggal di luar daerah asalnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengolahan data serta analisis menunjukkan bahwa sebagian besar ibu yang berasal dari Aceh tidak menggunakan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar pada anaknya, akan tetapi mereka tetap mengenalkan bahasa daerah melalui berbagai pembiasaan dan pendekatan diantaranya: a) melalui hal yang menarik agar mudah diterima anak, b) menyelipkan/menggunakan pada moment tertentu seperti ketika bermain dengan anak, ketika bercanda dengan anak, ketika menasehati anak atau bahkan moment berkumpul keluarga, c) membiasakan anak mendengar dan sesekali melibatkan anak berbicara menggunakan bahasa ibu dengan menggunakan bahasa yang paling dekat dengan anak dan yang mudah dimengerti, d) adanya peran keluarga inti. Berdasarkan hasil penelitian, maka direkomendasikan bagi penelitian lainnya untuk mengkhususkan pada pengaruh penggunaan bahasa ibu terhadap psikologis anak dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Keywords


mother tongue, anak usia dini, bahasa daerah.

Full Text:

PDF

References


Al-Qarashi, Baqir Sharif. (2003). Seni Mendidik Islami: Kiat-Kiat Menciptakan Generasi

Unggul. Jakarta: Pustaka Zahra

Bolonyai, Agnes. (1998). In-Between Languages: Language Shift/Maintenance in Childhood

Bilingualism. Sage Journals

Carder, Maurice (2008). The development of ESL provision in Australia, Canada, the USA

and England, with conclusions for second language models in international school.

Sage Journals

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta

Banerjee, Rashida. (2016) Supporting Sociodramatic Play in Preschools to Promote Language

and Literacy Skills of English Language Learners. Early childhood education journal,

Vol 44. Pp 299-305

Daud, B & Durie, M. (1999). Kamus Bahasa Aceh: Acehnese – Indonesian – English The

Australian National University, Canberra, Australia: Thesaurus Pacific Linguistics

Dikmen Yakali-Çamog ̆lu. 2007. “Turkish Family Narratives: The Relationships Between

Mother-and Daughters-in-Law”. Journal of Family History, Vol 32

Faridy, F. (2015). The Use of Mother Tongue To Early Childhood in Overcoming Language

Extinction. Proceedings the 1st UPI International Conference on Primary and Early

Childhood Education (ICPECE). UPI Kampus Cibiru. 134-144

Faridy, F. & Syaodih, E. (2016). Analysis On The Importance Of Mother Tongue In Early

Childhood. Atlantis Press. Vol 58

Faridy, F. Analisis Penggunaan Mother Tongue (Bahasa Ibu) pada Anak Usia Dini Keturunan

Aceh di Kota Bandung (Studi Kasus di Kota Bandung), (Tesis). Sekolah Pascasarjana,

Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.