Upaya Ibu Keturunan Aceh yang Berdomisili di Kota Bandung dalam Mengajarkan Bahasa Aceh sebagai Bahasa Ibu kepada Anak (Studi Kasus di Kota Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6382Keywords:
mother tongue, anak usia dini, bahasa daerah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya orangtua khususnya ibu dalam mengajarkan anak usia dini bahasa daerah sebagai bahasa ibu ketika keluarga tinggal di luar daerah asalnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengolahan data serta analisis menunjukkan bahwa sebagian besar ibu yang berasal dari Aceh tidak menggunakan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar pada anaknya, akan tetapi mereka tetap mengenalkan bahasa daerah melalui berbagai pembiasaan dan pendekatan diantaranya: a) melalui hal yang menarik agar mudah diterima anak, b) menyelipkan/menggunakan pada moment tertentu seperti ketika bermain dengan anak, ketika bercanda dengan anak, ketika menasehati anak atau bahkan moment berkumpul keluarga, c) membiasakan anak mendengar dan sesekali melibatkan anak berbicara menggunakan bahasa ibu dengan menggunakan bahasa yang paling dekat dengan anak dan yang mudah dimengerti, d) adanya peran keluarga inti. Berdasarkan hasil penelitian, maka direkomendasikan bagi penelitian lainnya untuk mengkhususkan pada pengaruh penggunaan bahasa ibu terhadap psikologis anak dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.References
Al-Qarashi, Baqir Sharif. (2003). Seni Mendidik Islami: Kiat-Kiat Menciptakan Generasi
Unggul. Jakarta: Pustaka Zahra
Bolonyai, Agnes. (1998). In-Between Languages: Language Shift/Maintenance in Childhood
Bilingualism. Sage Journals
Carder, Maurice (2008). The development of ESL provision in Australia, Canada, the USA
and England, with conclusions for second language models in international school.
Sage Journals
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Banerjee, Rashida. (2016) Supporting Sociodramatic Play in Preschools to Promote Language
and Literacy Skills of English Language Learners. Early childhood education journal,
Vol 44. Pp 299-305
Daud, B & Durie, M. (1999). Kamus Bahasa Aceh: Acehnese – Indonesian – English The
Australian National University, Canberra, Australia: Thesaurus Pacific Linguistics
Dikmen Yakali-Çamog ̆lu. 2007. “Turkish Family Narratives: The Relationships Between
Mother-and Daughters-in-Law”. Journal of Family History, Vol 32
Faridy, F. (2015). The Use of Mother Tongue To Early Childhood in Overcoming Language
Extinction. Proceedings the 1st UPI International Conference on Primary and Early
Childhood Education (ICPECE). UPI Kampus Cibiru. 134-144
Faridy, F. & Syaodih, E. (2016). Analysis On The Importance Of Mother Tongue In Early
Childhood. Atlantis Press. Vol 58
Faridy, F. Analisis Penggunaan Mother Tongue (Bahasa Ibu) pada Anak Usia Dini Keturunan
Aceh di Kota Bandung (Studi Kasus di Kota Bandung), (Tesis). Sekolah Pascasarjana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar