Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai pedoman bagi umat manusia. Mempelajari Al-Qur’an merupakan fardhu ‘ain bagi setiap umat Islam. Pembelajaran Al-Qur’an pada dasarnya berawal dari keluarga dan diteruskan dengan pendidikan formal berikutnya. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menetapkan baca tulis Al-Qur’an sebagai salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa PIAUD dengan tujuan agar mereka dapat mengajarkan baca tulis Al-Qur’an kepada anak-anak usia dini. Meskipun demikian, tujuan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini berbeda dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan pada mahasiswa PIAUD. Maka dari itu, sangat diharapkan kepada mahasiswa PIAUD untuk memahami urgensi pembelajaran baca tulis tersebut.

Keywords


Al-Qur’an, Baca, Tulis

References


Al-Qur’an

A. Malik Fajar, Holistika Pemikiran Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).

Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu Al-aulaad fi Al-Islam, terj. Jamaluddin Miri, Jilid II, (Jakarta: Pustaka Amani, Cet. II, 1999).

Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari bi Syarh Al-Karamany, juz VII, (Bairut: Dar Al-Fikr, 1991).

Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Cet. II, (Jakarta: Kencana, 2007).

Al-Ghazali, Ringkasan Ihya ’Ulumuddin, terj. Fudhailurrahman, Aida Humaira, Cet. III, (Jakarta: Sahara Publishers, 2008).

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).

Buku panduan Akademik UIN Ar-Raniry tahun 2015 dan 2017.

Hamzah B Uno, Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2008).

Imam Al-Tirmidzi, Jami’I As-Shahih Sunan Al-Tirmidzi, (Indonesia: Maktabah Rahlan, Jilid IV).

Ivor K. Davies, The Management of Learning, terj. Sudarsono Sudirdjo, Pengelolaan Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 1991).

M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1996).

Mahmud Kamil An-Naqah, Ta’līmul Lughati Al-‘Arabīyah Linnāthiqīn bilughati Al-Ukhra, (Saudi ‘Arabia: Jami’ah Um Al-Qura, 1985).

Manna Khalil al-qattan, Al- Mahabits fi Ulum al-Qur’an , terj. Mudzakir, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an (Jakarta: PT. Litera AntarNusa, 2010).

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Muhammad Ali Al-Khuwali, Asālīb Tadrīs Al-Lughah Al-‘Arabīyah, (Riyadh: Mamlakah Al-‘Arabīyah As-Su’ūdīyah, 1982).

Muhammad Shalih, Fan At-Tadris Li Tarbiyati Al-Lughawiyah, (Cairo: Dar Al-Fikr Al-Arabi, 1998).

Musthafa Muhammad Imarah, Jawahiru Al-Bukhari, terj. Muhammad Zuhri, (Indonesia: Darul Ihya’, 1993).

Rosihan Anwar, Ulum Al-Qur’an (Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2007).

Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).

Slameto Suyanto, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Depdiknas, 2005).

Soelaeman, Menjadi guru, (Bandung: Diponegoro, 1985).

Suharsono, Mencerdaskan Anak Sejak dalam Rahim Ibu Hingga Remaja, Cet. I, (Jakarta: Umma Publishing, 2009).

Yusuf Qardhawi, Berinteraksi dengan Al-Qur’an, (Jakarta; Gema Insani, 1999).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.9612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muthmainnah Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter