PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI PESANTREN DARUL IHSAN SIEM ACEH BESAR

Liza Zulaini, Lailatussaadah Lailatussaadah

Abstract


Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan perangkat penggerak pendidikan. Pengelolaantenaga kependidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan tenaga kependidikan dan pengklasifikasian tugas tenaga kependidikan di Pesantren Darul Ihsan. Jenis pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, orang kepala sekolah, 1 orang pegawai tata usaha, 1 orang guru. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik anaisis data ini dilakukan dengan cara tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskriptiondi Pesantren Darul Ihsan Siem Aceh Besar, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pengklasifikasian tugas tenaga kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai, pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dimana dalam perencanaan ini dilakukan dengan musyawarah dan melihat kemampuan pegawai dalam menyelesaikan tugas. Tenaga kependidikan diberikan pembinaan dan dikembangkan baik secara langsung maupun tidak langsung serta dilakukan penilaian yang diharapkan tenaga kependidikan berhasil dalam melaksanakan pekerjaan yang dibuat oleh pesantren. Pesantren merupakan lembaga keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan terhadap tenaga kependidikan dimana diharapkan dapat diterapkan dipesantren lainnya.

Keywords


Pengelolaan, Tenaga Kependidikan, Job Discription

Full Text:

PDF

References


E.Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004.

Lexi J. Moeloeng, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 2001.

M. Ngalim Poerwanto, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002.

Nana Syaudih Sukma Dinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Sri Minarti. Manajemen Sekolah : Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Sutisna. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jakarta: Indeks, 2005.

Umy Fitrianti, Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Di SMA Negeri 1 Kasihan Dan SMA Muhammadiyah 1 Bantul Kabupaten Bantul, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v6i02.9910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.