Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Affiliation Details
- Evi Apriana: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
- Anwar Anwar: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri pada konsep dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Statistic group pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh. Kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri. Analisis data tentang model pembelajaran PBL dan Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data penelitian diuji dengan t-test, menggunakan program statistik software komputer. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan t-hitung > t-tabel (3,20 > 2,00), dengan nilai postest mean PBL = 72,25 dan mean Inkuiri = 81,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada model PBL dan Inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pencemaran Lingkungan
This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) and Inquiry on the concept of the impact of environmental pollution on health, using experimental methods to design pretest-posttest Statistic group design. The population in this study were students of the Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah in Aceh. First class learned with PBL learning model and the second class learned with inquiry learning model. Analysis of data on PBL and inquiry learning model to increase students' critical thinking skills. Data were tested by t-test, using a statistical software program computer. The results show the value of critical thinking skills in the PBL and inquiry learning model with t count> t-table (3.20> 2.00), with a mean post-test score and the mean PBL = 72.25 and mean Inquiry = 81.00. It can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills and inquiry PBL model.
Keyword: Learning Model of Problem Based Learning, Inquiry, Critical Thinking Skills, and Environmental Pollution
11
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Kurnaidi Kurnaidi, PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK
- Cut Kemalawati, Hasanuddin Hasanuddin, Khairil Khairil, Pengaruh Strategi Metakognisi Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA Negeri Trumon Kabupaten Aceh Selatan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 2 (2018): JURNAL BIOTIK
- Hasanuddin Hasanuddin, Khairil Khairil, Samingan Samingan, Ismul Huda, Agustina Agustina, PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMAN BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
- Muhammad Yassir, Model Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 2 (2015): JURNAL BIOTIK
- Femilia Elsa, Khairil Khairil, Yuswar Yunus, Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di SMP Negeri 6 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Nafisah Hanim, Irda Risna, Auriza Satria Putri, DISCIPLINE AND RESPONSIBILITIES CHARACTERS OF SENIOR HIGH SCHOOL(SMA) STUDENTS THROUGH PROBLEM BASED LEARNING ON TRANSPORT SYSTEM MATERIAL , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 10 No. 1 (2022): JURNAL BIOTIK
- Mulyadi Mulyadi, Adlim Adlim, Djufri Djufri, MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Annie Kusharyanti, M. Ali Sarong, Suhrawardi Ilyas, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Zat Aditif Makanan Berkaitan Dengan Kesehatan Terhadap Sikap Kognitif Dan Aktivitas Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Cut Nisna Juwita, MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE DALAM PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING DENGAN TEKNIK BERNYANYI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Eva Nauli Taib, Ika Fazira, Cut Ratna Dewi, Evinopita Taib, TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (TTMC) INSTRUMENT FOR MEASURING STUDENTS' COMPLETE ABILITY QUESTION EVALUATED LEVEL (C5) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik