Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Affiliation Details
- Evi Apriana: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
- Anwar Anwar: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri pada konsep dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Statistic group pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh. Kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri. Analisis data tentang model pembelajaran PBL dan Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data penelitian diuji dengan t-test, menggunakan program statistik software komputer. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan t-hitung > t-tabel (3,20 > 2,00), dengan nilai postest mean PBL = 72,25 dan mean Inkuiri = 81,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada model PBL dan Inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pencemaran Lingkungan
This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) and Inquiry on the concept of the impact of environmental pollution on health, using experimental methods to design pretest-posttest Statistic group design. The population in this study were students of the Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah in Aceh. First class learned with PBL learning model and the second class learned with inquiry learning model. Analysis of data on PBL and inquiry learning model to increase students' critical thinking skills. Data were tested by t-test, using a statistical software program computer. The results show the value of critical thinking skills in the PBL and inquiry learning model with t count> t-table (3.20> 2.00), with a mean post-test score and the mean PBL = 72.25 and mean Inquiry = 81.00. It can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills and inquiry PBL model.
Keyword: Learning Model of Problem Based Learning, Inquiry, Critical Thinking Skills, and Environmental Pollution
11
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Bendelina Dimu Ratu, Agus Maramba Meha, Thedora Sarlotha Nirmala Manu, THE EFFECT OF THE QUANTUM LEARNING MODEL ASSISTED WITH VIDEO ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN SMP NEGERI 5, KUPANG , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Rahmayanti Rahmayanti, Siti Hadijah, Erlinawati Erlinawati, RELATIONSHIP BETWEEN SOIL-TRANSMITTED HELMINTHS (STH) EGG CONTAMINATION IN YARD SOIL TO HELMINTHIASIS INFECTION IN CHILDREN ELEMENTARY SCHOOL IN GAMPONG JAWA KUTA RAJA SUB-DISTRICT BANDA ACEH CITY , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
- Fakhrah Fakhrah, Muhibbuddin Muhibbuddin, M. Ali Sarong, Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Pengklasifikasian Phylum Arthropoda Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Tuti Marjan Fuadi, Adlim Adlim, Mustafa Sabri, Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Siswa MAN Darussalam Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Wahyu Rizki, Cut Nurmaliah, Muhammad Ali Sarong, Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 2 (2016): JURNAL BIOTIK
- Fakhri Yacob, Ridwan M Daud, TEACHING SKILLS THROUGH THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA AT MIDDLE SCIENCE TEACHERS IN SUBURBS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
- Irma Suryani, Sri Adelila Sari, Sri Milfayetty, Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Salwati Salwati, Mustafa Sabri, Muhammad Ali Sarong, PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTsN RUKOH BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
- Nawalul Faizin, Khairil Khairil, Mustafa Sabri, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MAN 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
- Natasya Rahiimah, Rahmadhani Fitri, Relsas Yogica, Effectiveness of Pjbl-Based E-LKPD Implementation in Teaching Plant Tissue Materials , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 13 No. 1 (2025): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik