Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Affiliation Details
- Evi Apriana: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
- Anwar Anwar: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri pada konsep dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Statistic group pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh. Kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri. Analisis data tentang model pembelajaran PBL dan Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data penelitian diuji dengan t-test, menggunakan program statistik software komputer. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan t-hitung > t-tabel (3,20 > 2,00), dengan nilai postest mean PBL = 72,25 dan mean Inkuiri = 81,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada model PBL dan Inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pencemaran Lingkungan
This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) and Inquiry on the concept of the impact of environmental pollution on health, using experimental methods to design pretest-posttest Statistic group design. The population in this study were students of the Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah in Aceh. First class learned with PBL learning model and the second class learned with inquiry learning model. Analysis of data on PBL and inquiry learning model to increase students' critical thinking skills. Data were tested by t-test, using a statistical software program computer. The results show the value of critical thinking skills in the PBL and inquiry learning model with t count> t-table (3.20> 2.00), with a mean post-test score and the mean PBL = 72.25 and mean Inquiry = 81.00. It can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills and inquiry PBL model.
Keyword: Learning Model of Problem Based Learning, Inquiry, Critical Thinking Skills, and Environmental Pollution
11
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Eva Murtisal, Cut Nurmaliah, Safrida Safrida, Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Suriani Siregar, ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Havea Juliar Apko, Hasanuddin Hasanuddin, Ismul Huda, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SQ3R DAN WEB PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAS JEUMALA AMAL LUENG PUTU PIDIE JAYA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
- Niko Efendi, Hifni Septina Carolina, Suhendi Suhendi, Nasrul Hakim, THE DEVELOPMENT OF FLASHCARD LEARNING MEDIA BASED ON THE DIVERSITY OF FRESHWATER FISH IN SAKTI BUANA RIVER , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 10 No. 2 (2022): JURNAL BIOTIK
- Eriawati Eriawati, Noni Heriyanti, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPENDIUM AL-QUR’AN OLEH GURU ALUMNI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
- Eriawati Eriawati, Aplikasi Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Ekosistem Di MAN Rukoh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Nafisah Hanim, Rizky Ahadi, Khairun Nisa, IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL TOWARD STUDENTS’ CURIOSITY STRENGTHENING ON ECOSYSTEM SUBJECT IN MTsN SABANG , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Yaumil Istiqlal M.Nur, Devi Syafrianti, Nulda Azmi, IMPLEMENTATION OF MURDER TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN BIOLOGY LEARNING , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Taufik Hidayat, Hafnati Rahmatan, Khairil Khairil, Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Wira Yanti, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 15 KOTA TAKENGON TAHUN PELAJARAN 2018-2019 , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik