PARENT'S PERCEPTIONS OF THE HOME BASED SCIENCE LEARNING SYSTEM DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Wati Oviana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Che' Muliana Sari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fanny Fajria Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Misbahul Jannah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v9i1.7950

Keywords:

Persepsi Orang Tua, Pembelajaran Berbasis Online, Covid-19

Abstract

Sistem pembelajaran mengalami perubahan selama masa pandemi Covid-19. Pemerintah terpaksa merubah sistem pembelajaran tatap muka (Offline) menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan (Online). Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi  penyebaran  Covid-19.  Sistem pembelajaran online,  mengharuskan orang tua untuk menggantikan peran guru dalam mengajarkan anaknya di rumah. Orang  tua  merasa  sistem  pembelajaran  online  merupakan  hal  yang  baru  dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga, hal ini membuat orang tua merasa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi orang tua terhadap sistem pembelajaran berbasis online di rumah pada masa pandemi covid-19, (2) apa saja kendala yang dihadapi orang tua selama proses pembelajaran online di rumah, (3) serta upaya apa yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala   tersebut.   Penelitian   ini   menggunakan   metode   deskriptif   dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua dari siswa SD dan  MIN  yang  tinggal  di  Kecamatan  Meuraxa  Kota  Banda  Aceh.  Penarikan sampel  menggunakan  teknik  purposive sampling  dengan  jumlah  sampel  yang digunakan  sebanyak  20  orang tua.  Instrumen  penelitian  yang digunakan  pada penelitian  ini  adalah  lembar  angket  dan transkip  wawancara.  Hasil  penelitian menunjuk; (1) persepsi orang tua terhadap pembelajaran berbasis online  pada masa pandemi Covid-19 tidak dapat diterapkan secara efektif karena adanya kendala  yang dihadapi  oleh  orang tua, (2)  kendala  yang dihadapai  orang tua selama proses pembelajaran online di rumah pada saat pandemi Covid-19 adalah waktu luang yang minim, fasilitas yang tidak memadai (kuota internet, laptop, dan smartphone) dan juga kurangnya pemahaman materi yang diberikan, sedangkan (3) upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu menyediakan waktu khusus, menyediakan fasilitas dan menghubungi guru untuk meminta penjelasan materi dan jadwal konsultasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Wati Oviana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19), J. Jurusan Kedokteran Universitas Lampung: (2) 1.

Surat Ederan Mendikbud No 4. Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Daruruat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).2020 (https://pusdiklat.kemdikbud.g o.id/surat-edaran-mendikbud- no- 4-tahun-2020-tentang- pelaksanaan-kebijakan-

pendidikan-dalam-masa- darurat- penyebaran- corona-virus-disease- covid-19/), diakses 15 Juli 2020. [3]Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, W.S. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwono, W.S. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Dina, L.N.A.B, 2020. Respon Orang Tua Terhadap

Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. J. Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini: (2)1

Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, J. Ilmu Pendidikan: (2) 1.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, J. 2016. Hubungan Persepsi Terhadap Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. J. Pendidikan Guru Sekolah Dasar: (12) 5

Sugihartono, et. al. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sarwono, W.S. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Daulae, T.H. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. J. Forum Paedagogik: (6).2.

A. Tafsir. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kholil, A. 2020. Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR.(https://guruberbagi.ke mdikbud.go.id/artikel/panduan- orangtuamendampingi-anak- belajar-dari-rumah-dengan- mikir), diakses 1 agustus 2020.

Haerudin, et.al. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Puspitasari, R. 2020. Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, A. dkk. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19

Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J.Education, Psychology and Counseling: 2 (1)

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka. [20] Purwanto, A. et.al. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19

Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J. Education, Psychology and Counseling: 2 (1).

Yanti, M.T, dkk. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: J. Pendidikan Dasar: 1 (5).

Purwanto, A. et.al. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19

Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J. Education, Psychology and Counseling: 2(1).

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

PARENT’S PERCEPTIONS OF THE HOME BASED SCIENCE LEARNING SYSTEM DURING THE COVID-19 PANDEMIC. (2021). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 9(1), 53-64. https://doi.org/10.22373/biotik.v9i1.7950

Similar Articles

21-30 of 86

You may also start an advanced similarity search for this article.