PARENT'S PERCEPTIONS OF THE HOME BASED SCIENCE LEARNING SYSTEM DURING THE COVID-19 PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v9i1.7950Keywords:
Persepsi Orang Tua, Pembelajaran Berbasis Online, Covid-19Abstract
Sistem pembelajaran mengalami perubahan selama masa pandemi Covid-19. Pemerintah terpaksa merubah sistem pembelajaran tatap muka (Offline) menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan (Online). Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Sistem pembelajaran online, mengharuskan orang tua untuk menggantikan peran guru dalam mengajarkan anaknya di rumah. Orang tua merasa sistem pembelajaran online merupakan hal yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga, hal ini membuat orang tua merasa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi orang tua terhadap sistem pembelajaran berbasis online di rumah pada masa pandemi covid-19, (2) apa saja kendala yang dihadapi orang tua selama proses pembelajaran online di rumah, (3) serta upaya apa yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua dari siswa SD dan MIN yang tinggal di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 orang tua. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket dan transkip wawancara. Hasil penelitian menunjuk; (1) persepsi orang tua terhadap pembelajaran berbasis online pada masa pandemi Covid-19 tidak dapat diterapkan secara efektif karena adanya kendala yang dihadapi oleh orang tua, (2) kendala yang dihadapai orang tua selama proses pembelajaran online di rumah pada saat pandemi Covid-19 adalah waktu luang yang minim, fasilitas yang tidak memadai (kuota internet, laptop, dan smartphone) dan juga kurangnya pemahaman materi yang diberikan, sedangkan (3) upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu menyediakan waktu khusus, menyediakan fasilitas dan menghubungi guru untuk meminta penjelasan materi dan jadwal konsultasi.
Downloads
References
Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19), J. Jurusan Kedokteran Universitas Lampung: (2) 1.
Surat Ederan Mendikbud No 4. Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Daruruat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).2020 (https://pusdiklat.kemdikbud.g o.id/surat-edaran-mendikbud- no- 4-tahun-2020-tentang- pelaksanaan-kebijakan-
pendidikan-dalam-masa- darurat- penyebaran- corona-virus-disease- covid-19/), diakses 15 Juli 2020. [3]Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sarwono, W.S. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwono, W.S. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.
Dina, L.N.A.B, 2020. Respon Orang Tua Terhadap
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. J. Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini: (2)1
Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, J. Ilmu Pendidikan: (2) 1.
Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugroho, J. 2016. Hubungan Persepsi Terhadap Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. J. Pendidikan Guru Sekolah Dasar: (12) 5
Sugihartono, et. al. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sarwono, W.S. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.
Daulae, T.H. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. J. Forum Paedagogik: (6).2.
A. Tafsir. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kholil, A. 2020. Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR.(https://guruberbagi.ke mdikbud.go.id/artikel/panduan- orangtuamendampingi-anak- belajar-dari-rumah-dengan- mikir), diakses 1 agustus 2020.
Haerudin, et.al. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Puspitasari, R. 2020. Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto, A. dkk. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19
Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J.Education, Psychology and Counseling: 2 (1)
Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka. [20] Purwanto, A. et.al. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19
Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J. Education, Psychology and Counseling: 2 (1).
Yanti, M.T, dkk. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: J. Pendidikan Dasar: 1 (5).
Purwanto, A. et.al. 2020. Studi Ekploratif Pandemi Covid-19
Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. J. Education, Psychology and Counseling: 2(1).
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.