THE EFFECT OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL IN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION SUBJECTS
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v9i1.8220Keywords:
project based learning, ketrampilan berfikir kritis, pencemaran lingkungan.Abstract
Rendahnya keterampilan berfikir kritis pada siswa disebabkan karena penggunaan metode atau model pembelajaran yang kurang konstruktivis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskrispikan pengaruh project based learning terhadap ketrampilan berfikir kritis pada materi pencemaran lingkungan di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen melalui desain one shot case study. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Model Banda Aceh dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas X IPA 2. Pemilihan sampel menggunakan teknik pemilihan sampel bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berfikir kritis yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan statistic uji- t satu sampel (one sample t-test).
Kata kunci: project based learning; ketrampilan berfikir kritis; pencemaran lingkungan.
Downloads
References
Ali, M, dkk (2004). Psikologi Remaja (p. 41). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Stevani, E.P (2006). Pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya mengembangkan Habit of mind studi kasus di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1(2).
Santrock, J W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B). Jakarta: Erlangga.
Jensen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks.
Wijaya, C. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
Reddington, D. 2012. Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant.
Norhasanah. (2018) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol: 5(1): 105-109.
Sulistiyawati, dan Cici, A. (2017) Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. Wacana Akademika. Vol: 1 (2): 127-141.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.