EVALUASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “MINI DRUM” DITINJAU DARI SYARAT PEMBUATAN APE PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN APE

Zikra Hayati

Abstract


Alat Permainan Edukatif sangat banyak dijumpai dalam lingkungan PAUD, dengan berbagai jenis, model, warna dan aspek perkembangan AUD. Namun banyak dari perencanaan APE yang belum memahami kesesuaian dengan syarat kriteria APE yang sesuai dengan teori pembuatan APE yang tepat pada Mata Kuliah Pengembangan APE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pemenuhan syarat pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) mini drum terhadap hasil produk pembuatan APE mahasiswi PIAUD angkatan 2019 berdasarkan syarat pembuatan APE. Penelitian ini mengambil jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan ialah model evaluasi discrepancy evaluation model yang dikembangkan oleh Malcolm. Ada tiga syarat standar pemenuhan APE, yaitu: (1) syarat edukatif, (2) syarat teknis dan (3) syarat estetika. Penelitian ini ialah APE area matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah menunjukkan bahwa: 1) Mini Drum sudah memenuhi syarat Edukatif karena Mini Drum di buat untuk tujuan pendidikan yang di tujukan pada anak usia 5-6 tahun guna untuk mengembangkan aspek perkembangan anak serta agar anak dapat mengenali alat musik dan lainnya. 2) Mini Drum di buat sesuai dengan syarat tahap pembuatan termasuk tahap teknis dimana dalam pembuatannya itu perlu memerhatikan alat dan bahan yang digunakan serta mudah didapatkan karena alat dan bahan yang di gunakan semuanya tidak ada yang di beli semua memang sudah ada dan merupakan sisa-sisa pembuatan media yang lain. Dalam pembuatan juga memamfaatkan barang bekas dan barang yang mudah di dapatkan. Dalam pembuatan Mini Drum juga sangat di perhatikan keseluruhannya agar mana digunakan oleh anak serta dapat di gunakan dalam waktu jangka panjang. 3. Syarat Estetika, Mini Drum itu mengandung unsur keindahan dan kerapian dimana menggunakan warna yang cerah sehingga dapat menarik minat anak.

Keywords


Evaluasi; Alat Permainan Edukatif.

Full Text:

PDF

References


Badru Zaman, M. Pd, Media Pembelajaran AUD, PG-PAUD Jurusan Pedagogic Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), UPI, 2010.

Baik Nilawati Astini, Nurhasanah dkk, Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik halus Anak Usia Dini, Jurnal pendidikan Anak, Volume 6, Edisi 1, Juni 2017

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2003. Pembuatan dan Penyelenggaraan Alat Permainan Edukatif Anak Usia 3-6 tahun, Jakarta: Depdiknas

Mayke Sugianto. Badru Zaman, Adam, Pengertian Alat Permainan edukatif, https://www.asikbelajar.com.

Shofiatun A Rahman, Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD, Tadulako University Press, Palu, 2010.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kualitatif-kuantitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Zaman, B, dkk, 2007, Media dan Sumber Belajar TK, Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zikra Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter