EDUKASI PENINGKATAN LITERASI FINANSIAL KEPADA ANAK USIA DINI MELALUI POSTER
Abstract
Peningkatan literasi finansial pada anak usia dini merupakan aspek krusial dalam membentuk pemahaman mereka terhadap keuangan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan poster sebagai media edukasi dalam meningkatkan literasi finansial anak usia dini. Dalam penelitian ini, poster disusun secara kreatif dan menarik perhatian anak-anak melalui gambar, warna, dan narasi yang sederhana. Metode pengajaran melalui poster ini diterapkan dalam lingkungan pendidikan anak usia dini selama periode tertentu. Evaluasi dilakukan untuk mengukur pemahaman dan peningkatan literasi finansial anak-anak setelah intervensi poster. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan poster berhasil meningkatkan pemahaman mereka terkait konsep dasar keuangan, termasuk pengelolaan uang dan nilai-nilai ekonomi sederhana. Poster menjadi alat yang efektif dalam memberikan konsep keuangan secara menyenangkan dan mudah dicerna bagi anak-anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, Hanifah, N., & Nento, M. N. (2017). Materi pendukung literasi finansial. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.
Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., Riyanti, R., Hamdan, M., & Robiah, R. (2022, October). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MELATI, KELURAHAN CEMPAKA PUTIH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Hasbi, M., Siantajani, Y., & Wardhani, B. (2019). Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan AnakUsia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Masripah, M., Abd Jabar, C. S., & Qonita, H. (2023). Analisis Pengaruh Edukasi Literasi Keuangan terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6165-6176.
Monticone, C. (2010). Financial Literacy and Financial Advice. Torino: Università degli Studi.
Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Manners, 1(2), 133 - 137.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA POSTER PADA MATERI “PERUBAHAN WUJUD ZAT BENDA” KELAS V DI SDN SARAKAN II TANGERANG. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117-134.
Nuroniah, P., Suzanti, L., & Tiurlina, T. (2022). EDUKASI LITERASI FINANSIAL KEPADA ANAK USIA DINI MELALUI POSTER DI DESA LONTAR KECAMATAN TIRTAYASA KABUPATEN SERANG. JURNAL PELATIHAN PENDIDIKAN, 1(2), 82-86.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133-140.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Puspita, W. D., Safrilia, A., Rahayu, D. A., & Novela, D. Y. S. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Gedangan. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 424-435.
Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 17–26.
Rapih, S. (2016). Pendidikan Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.
Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suzanti, L., Nuroniah, P., & Tiurlina. (2022). EDUKASI LITERASI
FINANSIAL KEPADA ANAK USIA DINI MELALUI POSTER DI DESA LONTAR KECAMATAN TIRTAYASA KABUPATEN SERANG. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(2), 82-86.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.21777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syifa Fauziyah Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: