URGENSI PENDIDIKAN ADAB SEBELUM ILMU BAGI USIA KANAK: KONTRIBUSI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI BAGI ZAMAN KONTEMPORER

Authors

  • Hamdi Yusliani Universitas Muhammadiyah Aceh
  • M. Riza Muarrif Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Emawati Emawati Universitas Muhammadiyah Aceh
  • RA Nadiya Anggraeni Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v10i1.24770

Keywords:

Pendidikan, Adab, Ilmu Fardhu ‘Ayn, Ilmu Fardhu Kifayah, Imam Al-Ghazali

Abstract

Artikel ini mendiskusikan konsep pendidikan Islami yang tepat bagi anak dengan menelaah warisan pemikiran Imam Al-Ghazali (450-505 H.) melalui beberapa karyanya, seperti Ayyuha al-Walad dan magnum opus-nya, Ihya’ ‘Ulumiddin tentang pentingnya membekali adab sebelum mendapatkan ilmu bagi anak usia dini. Dengan menggunakan studi kepustakaan sebagai metode penelitian yang merangkum konsep pemikiran Al-Ghazali tentang urgensi adab dari berbagai referensi klasik dan kontemporer yang dianalisis secara sintesis. Temuan dari penelitian ini adalah: pendidikan dan penanaman nilai adab sebelum pengajaran ilmu bagi anak usia dini adalah suatu hal yang niscaya dan mutlak dibutuhkan di masa kontemporer ini untuk mengarahkan peserta didik usia dini tersebut dalam memahami klasifikasi dan tingkatan ilmu, baik pada tingkat ilmu yang lebih penting (ahamm), penting (muhimm), atau hanya pendukung ilmu biasa. Melalui klasifikasi keilmuan pada ilmu fardhu ‘ayn dan ilmu fardhu kifayah secara proporsional, sehingga anak mampu menempatkan benar dan salah pada tempatnya. Hal ini dipersiapkan untuk menghadapi tantangan dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Mengajarkan adab sejak dini dapat memperlengkapi mereka untuk menghadapi tantangan zaman kontemporer saat ini.

 

References

Al-Attas, Syed M. Naquib, Islam and Secularism, Kuala Lumpur: ISTAC, 2003

Al-Attas, Syed M. Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Kerangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 1996

Al-Attas, Syed M. Naquib, Risalah untuk Kaum Muslimin, Kuala Lumpur: ISTAC, 2001

Al-Ghazali, Imam, ‘Al-Adab fi al-Din’, Majmu’ah Rasail, t.th., Cairo: Maktabah al-Tawfiqiyyah

Al-Ghazali, Imam, ‘Ayyuha al-Walad’, Majmu’ah Rasail, t.th., Cairo: Maktabah al-Tawfiqiyyah

Al-Ghazali, Imam, Ihya’ Ulum al-Din, Cairo: Dar Rayyan li al-Turats, 1987

Ashari Akhmad, Muhammad Chairul, Yazida Ichsan, Bambang Putra Hendrawan, Asih Kartika Putri, Sheriena Mega Putri, ‘Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Perspektif Al Ghazali’, Tarbawi, 18.2 (2021), 55-69 <https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/2098>

Fasya, Adib Aunillah, ‘Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali’, JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy, 2.2 (2022), 153–66 <https://e-journal.uingusdur.ac.id/jousip/article/view/6723>

Machsun, Toha, ‘Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan’, EL-BANAT, 6.2 (2016), 223-234 <https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2885>

Mubarok, Muhammad Fadhlulloh, ‘Ilmu Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali’, Kontemplasi, 8: 1 (2020), 22-38 <https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/kon/article/view/3228>

Mukarromah, Mukarromah, Rohman, dan Rika Sartika, ‘Pendidikan Karakter Perspektif Al-Ghazali’, Jurnal Tila, 2.2 (2022), 302-323 <https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1073>

Mukhlishah, Aida, Hadi Yasin, & Intan Meila Handayaningrum, ‘Etika Guru Dan Murid’, Tahdzib Al-Akhlaq, 4.2 (2021): 61–79 <https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/1630>

Mulyasana, Dedi, ‘Konsep Etika Belajar Dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik’, Tajdid, 26.1 (2019): 99-116

Rohayati, Enok, ‘Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak’, Ta’dib, 16.1 (2011), 93-112 <https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/56>

Sobari, Asep Ahmad, Sobar al-Ghazal, Asep Dudi Suhardini, ‘Konsep Ilmu Menurut Imam Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Etika Menuntut Ilmu’, Prosiding Pendidikan Agama Islam, 3.2 (2017), 147-156 <https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6981>

Sucipto, Hendra, Sayid Ahmad Ramadhan, ‘Adab Terhadap Ilmu Perspektif Imam Al-Ghazali’, Al-Murabbi, 10.2 (2024), 1-11 <https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/5297>

Sukatin, Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni, Siti Tasifah, Nova Triyanti, Dina Auliah, Indah Laila, Siti Patimah, ‘Pendidikan Anak dalam Islam’, Bunayya, 6.2 (2020), 185-205 <https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7345/4332>

Sukatin, Sukatin, Kiki Lidya Tama, Anisa Alawiyah, Bayu Abiyasa, Halim Fajar & Hikmatun Nazila, ‘Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Bunayya, 17.2 (2021), 100-114 <https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/10429/5815>

Sukatin, Sukatin, Nur Amalia, Yosica Alvionita, M. Iskandar, Hana Muslimah, ‘Sistem Manajemen Pendidikan Moderen dalam Pengembangan Pendidikan Anak’, Bunayya, 8.1 (2022), 129-139 <https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/12262/6443>

Wahid, Abd. Hamid; Chusnul Muali; Baqiyatus Sholehah, ‘Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali’, At-Tajdid, 8.1 (2018), 190-205 <https://www.ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/133>

Ya’cub, Mihmidaty, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Pencapaian Ilmu Manfaat’, Attaqwa, 18.1 (2022), 1–16 <https://jurnal.insida.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/203>

Yusliani, Hamdi, and Emawati Emawati. "Essensialisme: Filsafat Pendidikan Sintetik Dan Humanistik (Kajian Komparatif Perspektif Pendidikan Islam)." Al-Fathanah 3.1, April (2023). http://cbt.unmuha.ac.id/index.php/fathanah/article/view/1808

Downloads

Published

2024-07-12

Issue

Section

Articles