Volume VI. Nomor 1. Januari-Juni 2020│ 12 EFEKTIVITAS PERMAINAN LARI ESTAFET MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK DITAMAN KANAK-KANAK BAHARI PASIR KANDANG

Meylani Eka Putri, Prima Aulia -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan lari estafet modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Bahari Pasir Kandang. Kegiatan permainan lari estafet modifikasi yang dilakukan , diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Dengan populasi penelitian seluruh anak TK Bahari Pasir Kandang berjumlah 60 anak. Kelas B2 adalah sampel sebagai kelas eksperimen dan B3 sebagai kelas kontrol setiap kelas berjumlah 12 anak dengan teknik penelitian cluster sampling dan teknik pengumpulan data dengan tes perbuatan dan alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan dan kemudian data diolah dengan uji (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas serta juga dengan uji N-Gain score. Dan hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 6,4739 dan kelas kontrol 2,9216 dan hasil uji pengaruh atau effect size, 2,82174. Maka berdasarkan analisis hasil uji hipotesis serta dilakukan uji pengaruh atau effect size, bahwa permainan lari estafet modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak meningkat.

Keywords


Permainan Lari Estafet Modifikasi; Motorik Kasar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). PROSEDUR PENELITIAN suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. (2014). PROSEDUR PENELITIAN suatu pendekatan prakik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aulia, P. (2008). Efektifitas Permainan Cak Bur Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal pendidikan: early chilhood, 2 (2), Pp. 1-7

Hidayati, & Husni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Squarse Berbasis Lari Estafet Terhadap Hasil Belajar. Volume 5.

Hidayanti. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Volume 7.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: litera

Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi. Jurnal pendidikan, 14 (1), Pp. 1-7

Suyadi, & Ulfah, M. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cetakan Ke 15). Bandung: alfabeta

Yuniarti, & Waslia. (2015). Pengaruh Terapi Bermain (Melompat Tali Dan Meronce Manik-Manik) Terhadap Perkembangan Motorik Pada

Volume VI. Nomor 1. Januari-Juni 2020│

Siswa Di PAUD Fajar Purnama Mandiri Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Volume 10

Wulan. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Volume 1




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.