Pola Asuh; Teknologi; Era Digital

Authors

  • Inggrit Diasokawati, Yaswinda, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6386

Keywords:

POLA ASUH ORANGTUA DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 29 PADANG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif, yaitu menggambarkan tentang pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang tua yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang yang berjumlah 73 Orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 padang yang berjumlah 146 Orang. Penelitian ini diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus s/d 26 Agustus 2019. Instrumen penelitian ini adalah angket model pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa orang tua di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang menggunakan pola Asuh Otoriter, yang dilihat berdasarkan persentase keseluruhan jawaban orang tua yaitu otoriter sebanyak 59%, pola asuh demokrasi sebanyak 15%, pola asuh permisif sebanyak 26% di era teknologi digital.

Author Biography

  • Inggrit Diasokawati, Yaswinda,, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
    Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

References

Ananda, Rizka. (2012). Tips Menbentuk karakter Pasif Anak. Yogyakarta: Akmal

Publishing.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua di era Teknologi Digital. Jurnal

Studia : Volume VII No 1

Dhahir, Dharman Fauzan. (2018). Pola Asuh Penggunaan Internet di Kalangan

Anak-anak Indonesia. Jurnal Pekommas : Vol.3 N0.2.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam

keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eliza, Delfi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL)

Berbasis Sentra Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan,

Vol 13 (2).

Hadiswantoro, Yusak. (2012). Anda Orang Tua Bodoh atau Pintar?. Yogyakarta:

Andi.

Juniarti R,dkk, dkk. (2019). Stimulasi Guru Pada Motorik Kasar Anak Taman

Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini Volume 3 No 1

Rahmad, Stephanus Turibius. (2018). Pola Asuh Efektif Untuk Mendidik Anak Di

Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nissio.Volume X (2), 2.

Downloads

Published

2020-02-13

Issue

Section

Articles