Pola Asuh; Teknologi; Era Digital

Inggrit Diasokawati, Yaswinda,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif, yaitu menggambarkan tentang pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang tua yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang yang berjumlah 73 Orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 padang yang berjumlah 146 Orang. Penelitian ini diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus s/d 26 Agustus 2019. Instrumen penelitian ini adalah angket model pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa orang tua di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang menggunakan pola Asuh Otoriter, yang dilihat berdasarkan persentase keseluruhan jawaban orang tua yaitu otoriter sebanyak 59%, pola asuh demokrasi sebanyak 15%, pola asuh permisif sebanyak 26% di era teknologi digital.

Keywords


POLA ASUH ORANGTUA DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 29 PADANG

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rizka. (2012). Tips Menbentuk karakter Pasif Anak. Yogyakarta: Akmal

Publishing.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua di era Teknologi Digital. Jurnal

Studia : Volume VII No 1

Dhahir, Dharman Fauzan. (2018). Pola Asuh Penggunaan Internet di Kalangan

Anak-anak Indonesia. Jurnal Pekommas : Vol.3 N0.2.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam

keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eliza, Delfi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL)

Berbasis Sentra Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan,

Vol 13 (2).

Hadiswantoro, Yusak. (2012). Anda Orang Tua Bodoh atau Pintar?. Yogyakarta:

Andi.

Juniarti R,dkk, dkk. (2019). Stimulasi Guru Pada Motorik Kasar Anak Taman

Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini Volume 3 No 1

Rahmad, Stephanus Turibius. (2018). Pola Asuh Efektif Untuk Mendidik Anak Di

Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nissio.Volume X (2), 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.