HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA OTORITER DENGAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN) DI TK AL-MUTHMA’INNAH KOTA JAMBI

Rts Desi Paramita Sari , Fatmawati

Abstract


Kuisioner dalam penelitian ini terdiri dari 15 item pernyataan tentang pola asuh permisif dan 20 item pernyataan tentang perkembangan moral anak usia dini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para responden yang telah terpilih sebagai sampel penelitian. Selanjutnya, setelah responden mengisi kuisioner tersebut, lalau dikumpulkan kembali dan dilakukan analisis. Pada pola asuh permisif ada 3 indikator yang diukur, yaitu indikator  pemberian kebebasan (pembolehan yang sifatnya toleran), proteksi (tidak ada hubungan apabila anak melanggar peraturan serta kurangnya control terhadap prilaku dan kegiatan anak sehari-hari) dan indikator yang ketiga adalah submission (penyerahan). sebesar 48,22%. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh permisif memiliki hubungan yang “sedang” dalam pembentukan moral anak usia dini di TK Al-Muthmainnah Kota Jamb perkembangan moral anak dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua permisif memiliki hubungan yang “sedang” dengan nilai rata-rata sebesar 48,22%. Sedangkan pekembangan moral anak usia dini di TK Al-Muthma’innah juga memiliki kategori “sedang” dengan nilai rata-rata sebesar 50,84%.  


Keywords


Moral, Pola Asuh Otoriter

Full Text:

PDF

References


Ahsan, dkk. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (ibu) Yang Bekerja Dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di Tk Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang. Volume 2. Diakses tanggal 23 Desember 2017.,

Diasokawati, Inggrit. Pola asuh orang tua di Era teknologi digital di taman kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Jurnal bunayya pendidikan anak vo.1 No. 2, deswmber 2019.,

Flavia, Kong, dkk.2012.Teori Perkembangan Moral Kognitif Kohlberg.Volume 8. Diakses tanggal 15 juli 2016.,.

Hasnida. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT.Luxima Metro Media, 2015.,

Husnatul, Janna.Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek. Volume 1. Diakses tanggal 23 mei 2017.,

Iriani, Hapsari I. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta Barat: PT Indeks, 2016.,

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP) Press), 2010.,

Mirroh, Fikriyati. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima, 2013.,

Muhibbbin, Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010.,

Novan, Wiyani A. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA,2013.,

Pranoto, Kurniawati, Yuli Sugiyo. Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/962/899. Volume 7. Diakses tanggal 15 juli 2016.,

Retno, Dwiyanti. Peran Orangtua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg).Volume 9. Diakses tanggal 8 juni 2016.,

Risaldy, Sabil. Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini. JakartaTimur: PT.Luxima Metro Media, 2014.,

Singgih D , Gunarsa . Dasar dan teori perkembangan anak.Jakarta: Libri, 2011.,

Uce, Loeziana. Urgensi pembekalan pedagogik kepada orang tua jurnal pendidikan anak bunayya Vol.7, No.1 2021

Wawancara dengan kepala sekolah tentang pola asuh anak pada tanggal 20 april 2020 secara online

Zulfitria. Pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an untuk anak usia dini. Jurnal bunayya pendidikan anak usia dini, vo1, No 2, 2017.,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rts Desi Paramita Sari , Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by :


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.