2012
Vol 12, No 2 (2012): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2012
Pada edisi kali ini, Jurnal Ilmiah Didaktika yang selalu konsisten dengan pengembangan dunia pendidikan dan pembelajaran menampilkan beberapa artikel yang secara umum diklasifikasi dalam beberapa topik meliputi: strategi peningkatan kualitas pendidik, pengembangan strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pendidikan informal, serta filsafat pendidikan Islam. Artikel yang memfokuskan pembahasan pada aspek peningkatan kualitas pendidik adalah yang ditulis oleh Djailani AR dengan judul Peningkatan Kompetensi Guru M.TsN Kota Banda Aceh Melalui Supervisi Pengajaran. Selanjutnya beberapa artikel yang memfokuskan pembahasan pada aspek pengembangan strategi strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar yang ditulis oleh Ramli Abdullah;Rancangan Model Penilaian Portofolio di Sekolah yang ditulis oleh Jailani; Metode Konvensional dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh Sahkholid Nasution; Penggunaan Animasi dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Daya Ingat terhadap Matematika pada Materi Geometri di Kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh yang ditulis oleh Ruwaida Muhammad; Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia yang ditulis oleh Bulkisah; Remedial Teaching Sebagai Suatu Solusi (Suatu Analisis Teoretis) yang ditulis oleh Masbur. Berikutnya artikel-artikel yang membahas tentang pendidikan informal adalah: Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama yang ditulis oleh Hasbi Wahy dan Pendidikan Agama: Sebuah Kewajiban Rumah Tangga pada Peringkat Awal yang ditulis oleh Muhammad AR.
Beberapa artikel lain yang tidak kalah menarik untuk dikaji dan didiskusikan adalah yang terkait dengan pembaharuan pemikiran pendidikan dan filsafat pendidikan. Artikel yang berjudul Internat dalam Perspektif Nasionalis dan Prospeknya di Aceh (Kajian Eksploratif Pemikiran Sati' al-Husairi dan Sutomo)karya Gunawan Adnan dan Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKN dan Pendidikan Agama yang ditulis oleh Fatimah Ibda menawarkan konsep yang progresif dalam konteks pemikiran pendidikan, sementara artikel Maria Ulfah yang berjudul Mekanisme Perolehan Ilmu dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.
Artikel-artikel di atas dengan fokus kajian masing-masing tentu saja merupakan sumbangsih berharga dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.
2011
Vol 12, No 1 (2011): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2011
Pada edisi kali ini, Jurnal Ilmiah Didaktika yang concern dengan pengembangan dunia pendidikan dan pembelajaran menampilkan beberapa artikel yang secara umum diklasifikasi dalam beberapa topik meliputi: strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pengembangan kurikulum dan pembaruan metodologi pendidikan Islam serta filsafat pendidikan Islam. Beberapa artikel yang membahas tentang strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Siswa yang ditulis oleh Jamaluddin; Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Keterampilan Guru Dalam Mengajar yang ditulis oleh Ramli; Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah yang ditulis oleh Amna Emda; Revitalisasi Teknologi Informasi dan Pendidikan (Sebuah Tantangan Baru Bagi IAIN Ar-Raniry) yang ditulis oleh Yusri M. Daud. Selanjutnya artikel-artikel yang memfokuskan pembahasan pada topik pengembangan kurikulum adalah: Tugas Guru Sebagai Pengembang Kurikulum yang ditulis oleh Azhar M. Nur; Kompetensi Lulusan Fakultas Tarbiyah dalam Menghadapi Pasar Global yang ditulis oleh Maidar Darwis. Berikutnya yang membahas tentang pembaruan metodologi pendidikan Islam adalah: Islamisasi Pendidikan di Sekolah: Sebuah Harapan dan Tantangan yang ditulis oleh Ridhwan M. Daud; Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan Antara Dewey dan Asy-Syaibani yang ditulis oleh Syabuddin Gade; Perspektif Psikologi Pembelajaran Terhadap Pemanfaatan Internet yang ditulis oleh Syarwan Ahmad; The Idea of Mahmud Yunus to Reform Arabic Teaching yang ditulis oleh Eka Srimulyani; Mu’jam `Arabi dan Urgensinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Agama Islam yang ditulis oleh Suhaimi; dan Metodologi Pendidikan Al-Ibrah dalam Al-Qur’an (Kajian Historis-Paedagogis terhadap Kisah Nabi Ibrahim dalam Surat Maryam ayat 42-48) yang ditulis oleh Ismail Ansari. Satu artikel lain yang tidak kalah menarik adalah yang ditulis oleh Maria Ulfah yang membahas implementasi tadīb dalam pendidikan karakter.
Tulisan-tulisan di atas dengan fokus kajian masing-masing tentu saja merupakan sumbangsih berharga dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.
Pada edisi kali ini, Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Didaktika secara khusus mengucapkan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Mitra Bestari kami, Dr. Jeffrey Ayala Milligan dari Florida State University, USA, yang telah ikut berkontribusi dalam membaca dan memberikan saran terhadap artikel yang dimuat.