Archives

2024

Vol 25, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Didaktika August 2024

All in this issue were authored/co-authored by 28 authors from 7 countries (United Kingdom, Australia, Egypt, Pakistan, Kosovo, Malaysia, and Indonesia)

Vol 24, No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Didaktika February 2024

(All in this issue were authored/co-authored by 23 authors from 2 countries (Indonesia and Malaysia)












2012

Cover Page

Vol 13, No 1 (2012): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2012


Sesuai dengan tuntutan dan tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dewasa ini, pengembangan strategi pendidikan dan pembelajaran serta pengembangan profesi tenaga pendidik (baik guru maupun dosen) menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Oleh sebab itu, pemikiran-pemikiran yang bersifat progresif baik terkait dengan pendidikan formal, non formal maupun informal harus senantiasa dikembangkan dan didiskusikan.

Pada edisi kali ini Jurnal Ilmiah Didaktika menyuguhkan topik-topik yang berkaitan dengan pendidikan informal, strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pengembangan kurikulum, pembaruan pendidikan, serta manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan. Beberapa artikel yang membahas tentang pendidikan informal adalah: Peran Ibu Sebagai Madrasah dalam Mendidik Anak yang ditulis oleh Fithriani Gade; Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 yang ditulis oleh Cut Suryani. Selanjutnya Beberapa artikel yang membahas tentang strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Pengembangan Life Skill dalam Pembelajaran Sains yang ditulis oleh Mujakir; Metode Taqrir Sebuah Pendekatan yang Menyenangkan yang ditulis oleh Dicky Wirianto; Mengajar yang Membelajarkan yang ditulis oleh Mawardi; Pengembangan Profesional Keguruan Dalam Kuliah Micro Teaching yang ditulis oleh Mashuri; serta Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang yang ditulis oleh Nida Jarmita. Berikutnya artikel-artikel yang membahas tentang pembaruan pendidikan adalah: Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1 Yang ditulis oleh Zainal Abidin; Pembentukan Masyarakat Madani di Indonesia Melalui Civic Education Yang ditulis oleh Farid Wajdi Ibrahim; dan The Advantages and Challenges of Internet for Higher Education by Habiburrahim. Adapun beberapa artikel yang membahas tentang manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan adalah: Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar yang ditulis oleh Nurasiah; dan Manajemen Pembelajaran Secara Islami yang ditulis oleh Hasbi Wahy. Sedangkan satu artikel yang berjudul Urgensi Kurikulum Muatan Lokal dalam Sistem Pendidikan Sekolah yang ditulis oleh Nurdin Mansur adalah artikel yang terkait dengan pengembangan kurikulum.

Artikel-artikel di atas tentu sangat menarik untuk didiskusikan demi kepentingan pengembangan pendidikan, baik dalam konteks pendidikan formal, non formal maupun informal. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.

Pada edisi kali ini, secara khusus Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Didaktika menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada para Mitra Bestari: T. Zulfikar, M.Ed, Ph.D (IAIN Imam Bonjol) dan Amirul Mukminin, M.Sc, Ed, Ph,D (Universitas Jambi) yang telah meluangkan waktu serta ikut berkontribusi dalam membaca, menelaah dan memberikan masukan-masukan atas artikel yang dimuat.


1 - 25 of 27 Items     1 2 > >>