Kreatifitas Pembelajaran Anti Thief Touching dengan Konsep High Tech Low Cost pada Pembelajaran Otomotif

Efriyanto Efriyanto

Abstract


Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah kejuruan di butuhkan kreatifitas dalam memberdayakan aset yang ada, pada SMK Negeri 4 Banda Aceh sudah melakukan pemberdayaan aset namun masih belum pada semua kompetensi keahlian. Tujuan peulisan dalam best practice ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen ketua program keahlian (Kaproli) otomotif dalam meningkatkan aktivitas interaksi guru dan peserta didik, untuk membentuk jiwa enterprenuer peserta didik, dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih bebas berkreasi dalam karya produk inovatif, iklim pembelajaran berbasis industri, pengembangan media pembelajaran (TeachingAid) dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Negeri 4 Banda Aceh, khususnya kompetensi keahlian otomotif. Tulisan ini mengunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis projek. Subjek kegiatan ini adalah ketua program keahlian otomotif dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu aplikasi langsung ke produk berbasis kwantitas produk. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: peran ketua program keahlian otomotif dalam melaksanakan manajemen untuk meningkatkan aktivitas intraksi guru dan peserta didik dalam membentuk jiwa enterpreneur peserta didik telah berjalan dengan baik, ketua program keahlian memiliki strategi tersendiri dalam menigkatkan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemudian manajemen ketua program keahlian otomotif dalam peningkatan iklim pembelajaran di SMK Negeri 4 Banda Aceh dalam menciptakan suasana pembelajaran yang produktif, kondusif, aman dan nyaman berbasis industri telah berjalan dengan baik, terutama dalam menambah khasanah dan model media pembelajaran (Teaching aid) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis pada aset sudah maksimal meskipun hanya untuk kompetensi keahlian otomotif saja

Keywords


Belajar

Full Text:

PDF

References


Adi, N. H. (Novi ), Riyanda, A. R. (Afif ), Nadia, . ( Hardlan ), Maulana, F. (Fajar ), Ambiyar, A. (Ambiyar), Verawardina, U. (Unung ), & Lapisa, R. (Remon ). (2023). Model Pembelajaran Kejuruan. 1–24.

Djayusman, R. R. (2021). Toward A Research Skill Development Framework: A Lesson From Uk Higher Education Institutions. Covid-19 Pandemic and Sustainability of Islamic Education Institutions, 94.

Efriyanto. (2017a). Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan: Buku 2. Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Efriyanto. (2017b). Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor: Buku 1. Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.33394/JK.V7I1.3462

Lailatussaadah. (2013). Kemampuan Karyawan dalam Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website pada SMKN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIV(1), 159–175.

Lailatussaadah, Hayati, S., Jamil, A. I. Bin, & Qadir, F. A. B. A. (2023). Mapping TPACK Components in the Implementation of Edupreneur-Profiled Curriculum at Teacher Training and Education Institutions in Aceh. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(2).

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. PT RajaGrafindo Persada.

Nabila, M., Lailatussaadah, L., & Nurmayuli. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Penginventarisasian Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTSN 4 Aceh Besar. Ceudah Journal: Education and Social Science, 1(1), 34–39.

Nurmayuli. (2023). Development of an Islamic Education Management Philosophy e- Module through the Canva Application. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 97–108. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7963.Introduction

Nurmayuli, N. (2022). The Management of Facilities and Infrastructures in Educational. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 6(1), 87–102. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/idarah.v6i1.92

Oktavia, Y. (2020). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808–815. https://doi.org/10.24036/BMP.V2I1.3828

Perwira, L. T., & Hidayat, M. (2020). Memahami dinamika bekerja dalam ketidakpastian: Tinjauan fenomenologis pengalaman bekerja pengemudi ojek online. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 249–266.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 Sma Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74–81.

Saepudin, E., & Damayani, N. A. (2016). Nilai-nilai budaya sunda dalam permainan anak tradisional di desa sindangkerta kecamatan cipatujah kabupaten tasikmalaya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 198–290.

Supriadi, D. (2018). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132. https://doi.org/10.4321/IJEMAR.V1I2.944

Yustina, A. R., Suardita, K., & Agustin, D. (2012). Peningkatan Jumlah Osteoklas pada Keradangan Periapikal Akibat Induksi Lipopolisakarida Porphyromonas Gingivalis (Suatu Penelitian Laboratories menggunakan Tikus) (Osteoclast Increasing Number in Periapical Inflammation Due to Lipopolisaccharide Porphyrom. Jurnal Bina Praja, 14(3), 140–143.

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1108

Zubairi. (2023). Paradigma Pendidikan Agama Islam. cv Adanu Adinata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.