ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM RUMOH BELAJAR DALAM UPAYA PENGENALAN MODERASI BERAGAMA PADA KOMUNITAS ANAK DI GAMPONG LAMBEUTONG INDRAPURI ACEH BESAR

Lina Amelia, M.Pd Swidia

Abstract


Aceh merupakan salah satu Provinsi dari Negara Republik Indonesia, Aceh memiliki keistimewaan dalam bidang agama karena Aceh merupakan Daerah berkembangnya Islam pertama di Indonesia dan menjadi Daerah pusat perkembangan peradaban Islam di Asia Tenggara. Walaupun aceh adalah daerah kental syariat islamnya, namun aceh juga pernah terjadi konflik keidupan yang mengatasnamakan agama. Konflik ini terjadi antar sesame penganut agama islam. Salah satunya dan terakhir ditahun 2020 yaitu pembubaran pengajian Mesjid Agung al-Makmur Banda Aceh oleh sekelompok orang pada tanggal 27 bulan Januari 2020 karena dianggap pengajian tersebut menyebarkan paham wahabi. Untuk mengatasi dan meminimalisisr konflik kehidupan mengatasnamakan agama ini terjadi dimasa yang akan datang. Antisipasi yang dilakukan sedini mungkin dalam kehidupan masyarakat . Salah satu Langkah yang bisa dilakukan adalah pengenalan moderasi beragamana pada komunitas anak. berlandaskan kondisi dilapangan dan harapan pada anak sebagai generasi penerus dan cikal bakal pemmimpin dimasa yang akan datang, maka muncullah kegiatan Program Rumoh Belajar dalam Upaya Pengenalan Moderasi Beragama Pada Komunitas Anak Di Gampong Lambeutong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Setelah dilakukan kegiatan tersebut secara rutin selama satu bulan lebih maka dilakukanlah analisis terhadap kegiatan yang telah dilakukan tersebut untuk memberikan gambaran bentuk kegiatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif .subjek penelitian yang diamati adalah 20 anak di gampong lambeutong aceh besar. Jadi dapat digambarkan bahwa program rumoh belajar ini dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran di TPA secara inovatif, pembelajaran karakter dengan metode story telling, dan pembelajaran bahasa yaitu Bahasa inggris dan Bahasa arab. Pengenalan konsep moderasi beragamanya kental dilakukan pada saat pembelajaran di TPA inovatif dalam bahasan tauhid dan saat pengenalan karakter salah satunya toleransi pada kegiatan Story telling. Sementara pembelajaran Bahasa arab dilakukan dalam rangka menanamkan kecintaan anak pada tauhidnya.

Keywords


Komunitas Anak; Moderasi Beragama; Program Rumoh Belajar

References


A. Samad dan Sri Astuti. 2017, Agama, Budaya, dan Perubahan Sosial Perpekstif Pendidikan Islam di Aceh, Jurnal Mudarrisuna, Vol.7 No.1 Juni 2017, Hal.24

Abudin Nata. 2009. Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta;Kencana,

Kementerian agama RI. 2019. ”Moderasi beragama”. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Depok;Ar-ruzz Media.

Muhaini, Internalisasi Pendidikan Moderasi Beragama dalam Sistem Pendidikan Dayah Tradisional di Kota Langsa. (Studi Kasus di Dayah Tradisonal Raudhatun Najah Kota Langsa). Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol: 10.No: 02 Agustus 2021

Muhammad Fathurrahman.2012. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta;Teras

Purwadhi, Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa, Jurnal Indonesia untuk kajian pendidikan, Vol.4 (1) Maret 2019, Hal.23

Rumah belajar untuk semua. https://belajar.kemdikbud.go.id.

Teuku Zulkhairi, 2017. Syari’at Islam Membangun Peradaban, Yayasan pena Divisi Penebitan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Daerah Istimewa Aceh Sebagai Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Yusra dan Dewi Yunisari.2019. Pengembangan Nilai Karakter Anak Melalui Metode Bercerita Di TK Islam Al- Azhar Banda Aceh, Jurnal Buah Hati, Vol 6, No.2 September 2019, Hal.148




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lina Amelia, M.Pd Swidia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.