FILSAFAT PENDIDIKAN MARIA MONTESSORI DENGAN TEORI BELAJAR PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN AUD

Ani Oktarina, Maemonah

Abstract


Tulisan ini berusaha menjelaskan pendidikan Islam dari sudut pandang Maria Montessori, yang merupakan tokoh pendidikan anak yang mencurahkan hampir keseluruhan hidupnya untuk anak-anak. Maria Montessori memiliki prinsip dasar mengenai metode montessori ini, yang sangat memfokuskan anak sebagai childern center dan orang dewasa sebagai pembimbing. Menurutnya, suatu fase kehidupan di awal sangat berpengaruh terhadap faserase kehidupan selanjutnya artinya bahwa pengalaman-pengalaman yang dialami oleh seorang anak di awal kehidupannya sangat berpengaruh terhadap kedewasaannya kelak begitu juga perlakuan yang di dapatkan anak sejak kecil akan sangat berpengaruh terhadap perkembang an anak selanjutnya. Kemudiaan sebagai umat Islam, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua dan pendidik untuk menanamkan nilai-nilai ke-Islaman pada anak-anaknya. Dan agar nilai-nilai ke-Islaman tersebut dapat terserap dengan sempurna, maka harus diajarkan sejak anak-anak usia dini juga. Rasulullah telah menegaskan tentang tanggung jawab orang tua terhadap anak-anak dalam sabdanya.

Keywords


Maria Montessori; Progresivisme; PAUD

Full Text:

PDF

References


Agustina Prasetyo Magini, 2013 Sejarah pendekatan Montessori, Yogyakarta: KANISIUS.

David Gettman. 2015, Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar (Aktivitas belajar untuk anak balita), terjemahan Annisa Nuriowandari. Dari Basic Montessori, Learning Activities For UnderFive. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elizabeth G. Hainstock 1999, Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Prasekolah, Jakarta : Pustaka Delapratasa.

Elizabeth. 2008, Kenapa? Montessori, Keunggulan Metode Montessori Bagi Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Mitra Media.

Jaipaul L. R dan james E. J. 2011, “ Pendidikan Anak Usia Dini; dalam berbagai pendekatan” Jakarta: Prenada Media Group.

Maria Montessori. 2008, The Absorbent Mind. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Maria Montessori. 2014, Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Trjmh Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta.

Miming Ratna Wulansari. 2013, Sekolah Montessori di Solo Baru dengan Penerapan Pendidikan Montessori Kedalam Desain Bangunan. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Fakultas Teknik Jurusan Teknik Arsitektur.

Preschool Dengan Metode Montessori. http://www.uniquegrowingmind.com/index. php/montessori, diakses pada 02 Mei 2016 pukul 13.23.

Solehudin .2002, Konsep Dasar Pendidikan Anak Prasekolah , (Bandung: FIP UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.