PERSEPSI ORANG TUA DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22373/j26gb629Keywords:
Parental Perception, Sex Education, Early ChildhoodAbstract
Meningkatnya insiden kejahatan seksual belakangan ini membuat orang tua semakin khawatir. Mengenalkan pendidikan seks sejak dini kepada anak-anak dianggap penting untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi orang tua dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua mengenai pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan melibatkan tujuh orang tua sebagai subjek yaitu NP, NA, ID, FI, RM, RI, UY. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan para orang tua. Analisis dilakukan dengan mereduksi data, menyajikannya, dan kemudian menarik kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan orang tua menjadi salah satu alasan minimnya pengenalan seks kepada anak. Banyak orang tua beranggapan bahwa seks adalah topik tabu yang dilarang untuk dibicarakan di lingkungan mereka. Ada dua faktor utama yang menyebabkan rendahnya pengenalan pendidikan seks dari orang tua kepada anak, yaitu: a) faktor pendidikan dan b) faktor sosial-budaya
References
Adminpintarharati, ‘Peran Ibu Terhadap Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Tewah Tahun 2019’, Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 17.1 (2021), pp. 90–104, doi:10.36873/jph.v17i1.3338
Anak, Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial, ‘Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia’, Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21.1 (2008), pp. 33–54, doi:10.21831/hum.v21i1.
Arika, Hesti Wela, and Ichsan Ichsan, ‘Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun’, PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11.1 (2022), pp. 400–407, doi:10.26877/paudia.v11i1.10310
Astri Yanuarita, Hanung, Luh Putu Indah Budyawati, Kata Kunci, and Pendidikan Seks, ‘Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Anak Usia Dini’, Jurnal Edukasi, 10.2 (2023), pp. 88–92
Ayunita, Indi Ainun, Muhammad Akil Musi, and Muhammad Yusri Bactiar, ‘Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Anak Usia Dini Di TK Raudhatul Jannah Parappe Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar’, Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4.2 (2023), pp. 1–7
Azzahra, Qonita Maulidya, ‘Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me”’, Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4.1 (2020), pp. 77–86, doi:10.35568/earlychildhood.v4i1.736
Djunaidi, Siti Musrifah, Achmad Rasyad, and Eny Nur Aisyah, ‘Tantangan Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini : Systematic Literature Review’, Aulad: Journal on Early Childhood, 8.1 (2025), pp. 375–83, doi:10.31004/aulad.v8i1.1038
Fadillah, Annisa, and Sharina Munggaraning Westhisi, ‘Pendidikan Seksual : Analisis Pemahaman Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Pelecahan Seksual Pada Anak Usia Dini’, CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6.4 (2023), pp. 366–71
Fatmawati, Ery, Atik Nur Istiqomah, Sekolah Tinggi, Ilmu Kesehatan, and Madani Yogyakarta, ‘Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Pada Anak Di Desa Sitimulyo Piyungan Bantul’, Jurnal Kesehatan Madani Medika, 9.2 (2018), pp. 45–50, doi:10.36569/jmm.v9i2.17
Fauziyah Syarifatul Huriyah, Siti Lulu Ulfiyah, Sopi Masturoh, and Syifa Faujiyah, ‘Strategi Menghadapi Tantangan Dalam Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.1 (2024), p. 10, doi:10.47134/paud.v2i1.874
Fitriani, Dewi, Heliati Fajriah, and Arnis Wardani, ‘Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku”’, Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7.1 (2021), p. 33, doi:10.22373/equality.v7i1.8683
Freud, Sigmund, Three Essays in Theory of Sexuality, 1905
Hardiyanti, Dwi, ‘Upaya Pengenalan Seks Usia Dini Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak’, Manggali, 3.1 (2023), p. 190, doi:10.31331/manggali.v3i1.2516
Indriani, Ade Tia, and Mufidah Ely, ‘Peran Orangtua Dalam Menumbuhkan Prestasi Non Akademik Anak’, Bunayya, I.3 (2020), pp. 151–67
Janah, Raudhotul, ‘Pentingnya Memberikan Edukasi Seksual Sejak Usia Dini Di Era Digital’, BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2.2 (2023), pp. 10–19 <https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/192>
Jumiatun, ‘Persepsi Dan Perilaku Orang Tua Terhadap Sex Education Pada Anak Usia Dini’, Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2.8 (2024), pp. 340–44
Meiranny, Arum, Anggie Dini Ayuningrum, and Mufidhatul Khasanah, ‘Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Edukasi Seksual Oleh Anak Usia Dini Di Lingkungan Sekolah Dasar’, May, 2024, pp. 1–13, doi:10.30659/jmhsa.v3i2.55
Muslim, and Ichwan PS, ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pelangi; Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 02.01 (2020) <http://solo.tribunnews.com/2016/05/23/marak>
‘KemenPPPA, Data Simfoni-PPA, 2025 <https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan>
Novita, Windya, Serba-Serbi Anak (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007)
Ritonga, Ristra Sandra, and Munisa Munisa, ‘Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Pada Orangtua Untuk Mencegah Sexual Abuse Anak Usia Dini’, Warta Dharmawangsa, 16.3 (2022), pp. 603–12, doi:10.46576/wdw.v16i3.2251
Wahyuni, Dewi, ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Bagi Anak Untuk Mengantisipasi LGBT’, Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV.25 (2018), pp. 23–32
Wahyuni Nadar, ‘Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini’, Yaa Bunayya, 1.2 (2017), pp. 77–90 <https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/2429>
Yafie, Evania, ‘Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini’, Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4 (2017), pp. 18–30
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misriaton Misriaton

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.