PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil)

Mukhairir Fikri Ihsan, Muhammad Faisal, Sri Rahmi

Abstract


Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik sangat penting dilakukan, agar terarahnya tujuan yang diinginkan sehingga dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina, guru ekstrakurikuler bidang seni, dan satu orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan ektrakurikuler dalam pengembangan kompetensi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil, meliputi menentukan program kegiatan ekstrakurikuler bidang seni yang sesuai dengan Madrasah, kemudian memilih peserta didik yang memiliki potensi dibidang seni tersebut dari hasil seleksi yang dilakukan, selanjutnya mengatur jadwal latihan. Penyusunan tentang jadwal latihan kegiatan ekstrakurikuler untuk peserta didik, penyusunan tata tertib dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. (2) Pelaksanaan dari segi sarana dan prasarana kegiatan esktrakurikuler. Jenis-jenis sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler dibidang seni berupa rebana, gitar, drum band, pengeras suara, suling, biola, dan kerincing. Surat permohonan izin kegiatan ekstrakurikuler, Metode dan media kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan masing-masing bidang seni ekstrakurikuler. (3) Kendala pelaksanaannya yaitu sarana dan prasarananya yang kurang memadai.

Keywords


Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler, Kompetensi Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abdul Rachman Shale. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Abdul Rachman Saleh. 2006. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

A. Halim. 2009. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka pesantren.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat Cet. I; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Husaini Usman. 2008. Manajemen,Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchamad Arif N. 2018. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa. Semarang: Universitas Islam Negeri Wali Songo.

Machali Imam. 2016. Hidayat Ara. The Handbook of Education Management. Jakarta: PT Fajar Interpramata Mandiri

Muhammad Nazir. 1983. Metode Penelitian, Cet I, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanang fattah. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Romandon Taufik. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa.(Jurnal Menejer Pendidikan, Juli 2015), Vol. 9. No. 4. Hal.494-504, di akses pada tanggal 14 Juni 2020

Rusdin Pohan. 2007. Metodologi Penelitian. Banda Aceh: Ar-Rijal Institute.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saefullah. 2014. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2014

Santi Rahmah .MY. 2018. Penglolaan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Prestasi Non-akademik Siswa, Darussalam Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sudirman Anwar. 2015. Manajemen of Student Development, Tembilahan-Ria: Yayasa Indragiri.

Syafaruddin, Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajarann. Bandung: Ciputat Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.