KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH

Syarifuddin Hasyem

Abstract


Kemahiran berbicara merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa Arab.Di dalam berkomunikasi melalui bahasa, kata merupakan kunci yang ikut menentukan lancar tidaknya komunikasi tersebut. Jika kata-kata yang dimiliki atau perbendaharaan kata/kosa kata sedikit, maka akan sering mengalami kesulitan dalam mendengarkan percakapan atau pembicaraan yang diucapkan. Penguasaan kosa kata adalah suatu hal yang utama untuk dipelajari dan sebagai syarat bagi mereka yang ingin mahir dalam berbahasa, apabila penguasaan kosa kata tersebut adalah penguasaan aktif maka kemungkinan akan semakin mahir pula dalam berbicara bahasa Arab.

Keywords


Mufradat, Kemahiran, Santri Dayah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Chaer, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Ahmad Fuad Effendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2004

Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Henri Guntur Tarigan, Pengajaran Kosa Kata, Bandung: Angkasa, 1986

Muljanto Sumardi, Pengajaran bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang,1974

Radliyah Zaenuddin, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005

Sri Utami Subyakto Nababan, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia, 1997




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v5i1.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Syarifuddin Hasyim

License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/860

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter