MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN PUASA RAMADHAN SEJAK DINI

Nur Cahyati Ngaisah, Reza Aulia, Chairun Nisa Fadillah

Abstract


Pengembangan kecerdasan spiritual anak merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan karena anak sebagai generasi penerus berikutnya. Dalam pengembangan kecerdasan spiritual dapat dilakukan melalui beberapa hal, salah satunya melalui puasa ramadhan. Anak dilatih melakukan puasa ramadhan sesuai dengan tahapan anak dan kemampuan anak. Pencapaian dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak dapat diukur dengan indikator kecerdasan spiritual dan nilai-nilai yang mempengaruhi kecerdasan spiritual anak melalui pembiasaan puasa ramadhan sejak dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang di lakukan di TPA Al-Hikmah Jurugsari Yogyakarta. Teknik analisis data yakni menggunakan teori miles dan Huberman dengan langkah-langkah : merangkum, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kecerdasaan spiritual anak dapat melalui pembiasaan puasa ramadhan yang terjadi di TPA Al-Hikmah Jurugsari yang diukur melalui indikator kecerdasan spiritual dan nilai-nilai yang mempengaruhi kecerdasan spiritual anak.


Keywords


Kecerdasan Spiritual; Pembiasaan Puasa Ramadhan

Full Text:

PDF

References


Agus, Zulkifli. “Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4, no. 2 (2019): 27–42.

Bash, Eleanor. “Al Ghazali Sabar -Bab 2.” PhD Proposal 1 (2015): 15–33.

Chairilsyah, Daviq. “3822-7568-1-Sm.” Educhild 5, no. 1 (2016): 8–14.

Djamaluddin, Ahdar. “Filsafat Pendidikan.” Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 1, no. 2 (2014): 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181.

Fadli, Aria. “Upaya Orang Tua Dalam Melatih Anak Berpuasa Ramadhan Di Desa Nanga Serawai Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang” (2020): 1–10.

Firdaus, Firdaus. “Syukur Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani 5, no. 1 (2019): 60–72.

Fluerentin, Elia. “Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) Dan Kaitannya Dengan Penumbuhan Karakter.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 1 (2012): 9–18. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/472.

Kartini, Hj. Ajeng. “Taqwa Penyelamat Umat.” Al ’Ulum 52, no. 2 (2012): 26–35.

Kusumastuti, Narendradewi, and R. Rukiyati. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5 Tahun.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 5, no. 2 (2018): 162.

Mariana, Nina, Abdul Azis, and Iwan Setiawan. “Pengembangan Kecerdasan Spritual Anak Usia Dini Melalui Homeschooling.” Tarbiyah Al Aulad 4, no. 1 (2019): 27–44.

Munir, Fadlul. “Nilai-Nilai Religius Ibadah Puasa Dalam” (2017): 1–224.

Nafia, Zidni Ilman, and Khafidhoh Khafidhoh. “Perubahan Gaya Dakwah Da’i Di Bulan Ramadhan Dalam Pandemi Covid 19 (Perspektif Psikologi Da’i).” Journal of Communication Studies 1, no. 01 (2021): 31–47.

Novitasari, Yesi., Danang Prastyo. “Egosentrisme Anak Pada Perkembangan Kognitiftahap Praoperasional.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Vol. 7 No., no. April (2020): 17–22.

Nurhalizah, Mevy Eka, and Muhammad Hamdan Yuwafik. “Women ’ S Participation in the Terrorist Network in the” 15, no. 2 (2020).

Pranata, Joni; Wijoyo, Hadion. “Meditasi Cinta Kasih Untuk Mengembangkan Kepedulian Dan Percaya Diri Siswa Sekolah Minggu Buddha Taman Lumbini.” Jurnal Maitreyawira 1, no. 2 (2020): 14.

Rahmat Rifai Lubis. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād).” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 1, no. August (2018): 1–18.

Syaifi, Mat. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ibadah Puasa Ramadhan.” Tarbawi 07, no. 02 (2019): 1–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Cahyati Ngaisah, Reza Aulia, Chairun Nisa Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.