MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID 19

Reza aulia, Nur Cahyati Ngaisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perencanaan pembelajaran pacsa covid 19 di TK Negeri Teluk Meranti. Penelitain ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggumpulan data melalui Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui rencana pembelajaran. Observasi digunakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk melihat berkas-berkas sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran menggunakan PROSEM, RPPM, RPPH. (2) Pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid 19 dilaksanakan dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.


Keywords


Manajemen Pembelajaran; Pandemic Covid; Anak Usia Dini

References


Budiastuti, Pramudita, Sunaryo Soenarto, Muchlas Muchlas, and Hanafi Wahyu Ramndani. “Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Edukasi Elektro 5, no. 1 (2021): 39–48.

Dewi Siti Hanizar, Masluyah, Wahyudi. “Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.” JIPP: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 11 (2014): 1–13.

Elyana, Luluk. “Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini Dalam Implementasi Self Regulated Learning.” Prosiding HIPKIN Jateng 1, no. 1 (2017): 1–7. http://hipkinjateng.org/prosiding/index.php/2017/article/view/1.

Fitri, Annisa. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah POTENSIA 2, no. 1 (2017): 1–13.

Hasanah, Hasyim. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21.

Ma’arif, Ridwan Ahmad, and Fauziah Fauziah. “Implementasi Finite State Automata (FSA) Dalam Proses Pengisian Kartu Rencana Studi.” JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) 3, no. 3 (2018): 115–120.

Maryani, Kristiana. “Penilaian Dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran Di Rumah Di Masa Pendemi Covid-19.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 41–52.

Puspitasari, Enda. “Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 1, no. 1 (2012): 67–76.

Rahelly, Yetty. “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 12, no. 2 (2018): 381–390.

Soleman, Nuraini. “Dinamika Perkembangan Kurikulum Di Indonesia.” Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman 12, no. 1 (2020): 1.

Suwece, Wayan, and Putu Sandra Devindriati Kusuma. “Strategi Pembelajaran Seni Budaya Pada Tatap Muka Terbatas Di SMP Beringin Ratu Serupa Indah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni 1, no. 1 (2021): 26–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reza aulia, Nur Cahyati Ngaisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.