STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL

Putri Rahmi

Abstract


Selama ini terjadi penyempitan makna kecerdasan dimana kecerdasan hanya diartikan pada kemampuan intelektual. Kenyataannya kata kecerdasan tidak hanya terbatas pada kemampuan intelual semata namun terdapat sembilan kecerdasan majemuk pada manusia yaitu kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan berirama-musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Artikel ini membahas tentang kegiatan pembelajaran pada dengan berlandaskan kecerdasan interpersonal dengan memperhatikan tiga dimensi utama pada kecerdasan interpersonal, yaitu: social sensitivity social insight, dan social communication. Beberapa strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak, yaitu jigsaw, tutor sebaya, teamwork, patung orang, board game dan simulasi.

Keywords


Pembelajaran, Kecerdasan

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Thomas. Kecerdasan Multiple di dalam kelas, Edisi III, Jakarta Barat:Indeks,2013.

Halim, dkk. 2016, Perancangan Papan Permainan Tentang Pentingnya Sayuran Berbasis Family Games Sebagai Sarana Pendidikan Anak-anak Usia 6-12 Tahun Vol 5, No.2, Art Nouveau,

Lwin, May, et al, Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan (Alih Bahasa:Christine Sujana, Jakarta:PT. Indeks, 2008.

Martuti, 2004. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Bantul:Kreasi Wacana.

Ningsih, Euis, Penggunaan metode bermain peran dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa anak usia dini. Jurnal Empowerment Volume 2, Nomor 2 September 2013, Issn No. 2252-4738

Yaumi,Muhammad, 2013 Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak,Jakarta:Kencana.

Safaria. 2005. Interpersonal Intelligence. (Yogyakarta:Amara Books.

Santoso dan Supardi, Activecollaborative Teamworklearning Pada mata pelajaran akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntansi, Volume 2, Nomor 2. September 2014, him. 77-90

Uno dan Kuadrat, 2014. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksarra..




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i2.6808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.