MELATIH PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GAYO “Men Tin”
Abstract
Perkembangan motorik merupakan perkembangan yang melibatkan daya gerak tubuh. Perkembangan motorik merupakan salah satu perkembangan yang penting bagi keberhasilan berkembangnya gerakan yang dilakukan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih perkembangan anak usia dini melalui permainan tradisional gayo dan Analisis alat permainan tradisional gayo dalam permainan “Men Tin”. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dimana untuk menggambarkan secara sistematis fakta-fakta yang ditemukan oleh peneliti dilapangan mengenai perkembangan motorik kasar anak usia dini dalam sebuah permainan tradisional yang bernama “Men Tin” serta untuk mengetahui adakah perubahan yang signifikan yang terjadi pada perkembangan motorik anak setelah kegiatan permainan yang diadakan oleh peneliti selesai. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer yakni diperoleh langsung dari anak-anak yang terlibat dalam permainan, dan sumber yang kedua adalah berupa buku, artikel, jurnal untuk membantu mendukung terkait penelitian. Teknik pengumpulan data yakni melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni menggunakan teori miles dan Huberman dengan langkah-langkah : merangkum, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melatih perkembangan motorik anak bisa dilakukan melalui permainan tradisional “men tin”, dalam proses permainan peneliti memperkenalkan konsep permainan dan dilanjutkan dengan pengenalan alat permainan terlebih dahulu yakni batok kelapa. Kegiatan permainan dilakukan berulang sehingga perkembangan motorik anak kasar anak terlatih. Disamping itu perkembangan yang terjadi terlihat baik dari yang sebelumnya sebab aktivitas bermain permainan “men tin” menunjukkan hasil yang baik dan membantu merangsang perkembangan motorik kasar anak dengan melibatkan gerak tubuh anak secara keseluruhan dengan optimal dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A Rahman, Shofiatun. Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD, Tadulako University Press,Palu, 2010,. hlm. 17
Ahmadi, Abu. Psikologi Perkembangan, rineka cipta, jakarta, 1991, hlm 69-70
Antoni, Syah. Artikel lintas gayo.com. Men Tin : Permainan anak gayo yang tergerus zaman, 03-05-2021
Ardini, Pupung Puspita. Lestariningrum, Anik. Bermain dan permainan anak usia dini ( sebuah kajian teori dan praktik ), jawa timur : CV Adjie Media Nusantara. Cetakan pertama januari 2018
Arsana, Wayan. Anggreni, Made Ayu. Patria, Septianti Rangga. Pemanfaatan Benda-benda bekas sebagai alat permainan edukatif ( APE ) untuk anak usia dini. jurnal pengabdian kepada masyarakat vol.3 bo 1. 2019
Fitriyani , Rihyana. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, journal golden age hamzanwadi University, vol. 3 no 1. Juni
Fitri. “Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun Di RT 01/RW 03 Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat,” no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.Setiani, Riris Eka. Memahami Pola perkembangan motorik pada anak usia dini, jurnal insania. Col.18 no 3. September-desember 2013 2018
Hasmawaty. “Meningkatkan_Kemampuan_Motorik_Kasar_Anak_Melalui_.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 1, no. 2 (2017): 85–95. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1730.
Khobir, Abdul. “Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif.” Forum Tarbiyah 7, no. 2 (2009): 195–208. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3.
Mustikawati, M. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif Egrang Bathok Untuk Meningkatkan Pengembangan Motorik Kasar Anak Di Raudhatul Athfal …,” 2018, 1–239. http://repository.uinjambi.ac.id/725/.
Putri, Elsa Cornelis. “Eksistensi Permainan Anak Tradisional Di Era Modern (Studi Kasus : Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam ).” Skripsi, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.
Rismawati, Implementasi permainan tradisional gayo les dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini, artikel Jurnal, volume 5 nomor 2 Juli-desember 2017
Widodo, Erna Dan Mukhtar, 2000, Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif,Avirouz, Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Munawarah Daud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: