KEGIATAN BERMAIN KOLASE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM (DAUN KERING) UNTUK MENSTIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POCENTER

Isya Nabilah Pradiptya, Dian Kristiana

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan kolase dengan bahan alam daun kering adalah kegiatan yang mudah dilakukan. Hal ini memungkinkan jika anak-anak melatih otot tangan menempelkan daun kering pada pola. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh hasil kegiatan kolase dengan bahan alam untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data dan informasi dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek guru-guru di Pocenter tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan di pocenter kemampuan motorik halus anak usia dini dengan kegiatan kolase dengan bahan alam berjalan dengan baik. Kegiatan ini menjadikan anak-anak aktif dan melakukan sesuai dengan kemampuan anak.  Respon dari anak-anak yang ada di Pocenter juga sangat baik, anak-anak antusias saat pelajaran anak dimulai. Kegiatan ini tidak membuat anak-anak merasa bosan dan jenuh, jadi kegiatan bermain kolase dengan bahan alam pada anak usia dini di sekolah Pocenter berjalan dengan maksimal dan dapat menstimulasi kemampuan motorik halus.

Kata Kunci: Kolase bahan alam, motorik halus, anak usia dini



Keywords


Kolase bahan alam, motorik halus, anak usia dini

References


Astawa, I. M. S., & Tahir, M. (2023). Penerapan Kegiatan Bermain Kolase Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 65-72.

Bogdan, R. C. Biklen, S.K. 1990. Qualitative research for education: An Introduction to theory and method. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Fuadiya, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Mayasari, M., & Komala, K. (2023). STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DARING. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(1), 35-42.

Muliani, N. M., Gading, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengaruh metode discovery terhadap kemampuan mengenal warna pada anak taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 263–272.

Nasehudin, M.Pd, Drs. Toto S., and Drs. Nanang Gozali, M.Ag. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Bandung: Pustaka Setia.

Putri, R. D. P., & Kurniawan, S. J. (2018). Implementasi Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. In Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas (pp. 217- 225).

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono (penulis). (2022). Metode penelitian kuantitatif/Prof. Dr. Sugiyono. Bandung Alfabeta,.

Sulistyani, H. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A TK MARDI UTOMO MANTREN KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN. JURNAL EDUKASI: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 170–181. https://doi.org/10.1212/je.v1i2.29

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358.

Widiastini, L. P., Raga, G., & Kusmaryatni, N. 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Meronce Anak Kelompok B Di TK Nurul Mubin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Volume 2 No 1.

Wulansari, E. F. E. (2021, December). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK SUNGGINGAN PONJONG TAHUN AJARAN 2021/2022. In Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD (Vol. 1, No. 1).

Yuan Nadila, A., Kristiana, D., & Setyowahyudi, R. (2022). Kegiatan Mozaik Untuk Menstimulus Kemampuan Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Alam Berbasis 3R. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.20787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isya Nabilah Pradiptya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.