PERMAINAN SIDEWALK CHALK UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN MOTOR KASAR ANAK USIA DINI

Mardi Fitri, Suyadi

Abstract


Perkembangan motorik kasar pada anak-anak sejauh ini belum mampu meningkatkan keterampilan gerakan, kepercayaan diri dan kerjasama yang baik, sehingga perlu adanya permainan yang tepat untuk melatihnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini sebelum dan sesudah menerapkan thechame sidewalk chalk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil analisis membuktikan bahwa permainan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik untuk anak-anak, salah satunya adalah melalui permainan sidewalk chalk. Permainan sidewalk chalk ini dapat melibatkan anak-anak secara penuh dengan aturan yang ada, sehingga mengharuskan anak melakukan banyak aktivitas fisik sederhana, seperti merangkak. Aktivitas yang dilakukan melalui game ini membantu anak-anak bergerak aktif. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan sidewalk chalk motorik kasar anak dapat berkembang dengan baik.

Keywords


Permainan Sidewalk Chalk; Motorik Kasar; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anggraini, (2018) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Ular Tangga Kreatif Pada Anak Kelompok B Paud Pkk Plosorejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Artikel Skripsi, Kediri: Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Baharom, Hasyim, Mansor, (2014) “Gross Motor Development Level Of The Children Age 9 Years: A Case Study” Internasional Journal For Innovation Education and Research, 2 (11).

Bown, (2017) The Best VBS Work Book Ever, New York: Church Publishsing.

Chairilsyah, (2013) “Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood,” Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Farida, (2016) “Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini,” Jurnal Raudhah, (4).

Hayati, Myrnawati, Asmawi, (2017) “Effect of traditional games, learning motivation and learning style on childhoods gross motor skills,” Internasional Journal of Education and Reearch, (5).

Hazhari, Handayani, Sunarto, (2019) “The Effect of Playing Mpa’a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood,” Journal of Primary Education, 8, (2).

Lestari, Ningsih, (2016) “The Effects of Modified Games on the Development of Gross Motor Skill in Preschoolers, ”Internasional Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5, September.

Mutiah, (2015) Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Munawaroh, (2017) “Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, (2).

Mulyani, Thoha, Anggraini, (2018) “Peran Aktivitas Bermain Ular-Naga terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun” Skripsi, Universitas Lampung.

Milner, Kariger, Pickering, dkk, (2020) “Association between Malaria Infection and Early Childhood Development Mediated by Anemia in Rural Kenya,” Journal Internasional of Environmental Research and Public Health, (17).

Ramdan, Azizah, (2020) “Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1).

Wood, (2014) “Free choice and free play in early childhood education: troubling the discourse,” Internasional Journal of Early Years Education, 22, (1).

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│62

Sutapa, Suharjana, (2019) “Improving Gross Motor Skills By Kinaesthetic and contemporary based Physical Activity In Early Childhood,” Jurnal Cakrawala Pendidikan, (38).

Stephani, Sumarno, Wibwo, (2018) “Early Childhood Motor Development: Descriptive study in moslem kindergarten school,” International Conference on Sport Science, Health, and Physical Education ICSSHPE, (11).

Zed, (2008) Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  ©Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.