UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI DI PAUD TERPADU REZKYNA NAGAN RAYA

Heliati Fajriah, Dewi Fitriani, Cut Rina Afrilla,

Abstract


Rendahnya kemampuan motorik kasar anak khususnya pada saat memukul bola, dikarenakan kurangnya aktivitas pergerakan lengan, pergelangan tangan, menggenggam jari dan pergelangan bahunya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun pada kelompok B Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar aktivitas guru dalam permainan bola kasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru mencapai 66,4% dengan kriteria cukup dan 94,4% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Pada siklus III aktivitas guru kembali meningkat hingga diperoleh 96,8%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa guru berhasil mengembangkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bola kasti.


Keywords


Guru, Motorik Kasar, Pemainan Bola Kasti

Full Text:

PDF

References


Acep Yoni, Herry Purwanto dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Aprilia Dwi Nugrahaeni. (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Simpai (Hulahop) pada Anak TK B di KBI –RA Taqiyya Kartusura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Naskah Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Eka Rianti. (2017). ”Identifikasi Motorik Halus Anak 5-6 Tahun di Gugusan Dewi Sartika Purwokerto Timur Banyumas”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 6 Tahun ke 6.

Esti Erlinda. (2014). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permaian; Melempar dan Menangkap bola. Skripsi. Program Sarjana Kependidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.

Gustafianuus Abe. (2014). “Meningkatkan Keterampilan Melempar dalam Bermain Kasti Melalui Penerapan Bola Modifikasi pada Siswa Kelas V SDN Banyusari”. Jurnal Tadulako Physical Education. 1( 5): 1-10.

Heri, Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Muhyi Faruq. (2006). Sehat dan Cerdas Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tentang Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Nomor 137 Tahun 2014.

Suharsimi Arikunto. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Veny Iswantiningtyas. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gerobak Sodor. e-journal PINUS Universitas Nusantara PGRI. 1 (3):249.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.