UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MAGIC BOX DI RA AL-IKHLAS TEMBUNG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini melalui permainan magic box. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Al-Ikhlas Tembung yang berjumlah 11 anak yaitu 7 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak dari prasiklus terdapat 3 anak atau 27,3%, di siklus I naik menjadi 5 anak atau 45,4%, dan siklus II naik menjadi 9 anak atau 81,8% anak yang berkembang sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan magic box dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di RA Al-Ikhlas Tembung.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade Chandra, R. D. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71
Ahmad Syukri Sitorus, Suri Rahmadhani, Achnes Oktavia Rambe, Hafizah Herdini, L. R. (2023). Bermain Aktif Dalam Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD 12–19. Binayatul’, Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 3(1), 12–19.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Ariska, K., & Suyadi. (2020). Penggunaan Metode Show and Tell Melalui Media Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 137–145.
Asiah, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran alphabaet mystery box untuk mengenalkan huruf pada kelompok A Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(7), 605–613.
Asmawati, L., & dkk. (2010). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Farida, D., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2022). Deskripsi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelasi Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53817
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal, I(1), 62–69.
Khuluk, F. (2023). Implementasi Media Magic Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A DI TK Dharma Wanita Keret Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Lestari, W. (2021). Penggunaan Media Magic Box Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5- 6 Tahun Tk Bina Bakti Sumbermulyo Tanggamus. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/14/12
Novalina, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Magic Box Pada Anak Kelompok B Di Ra At-Taqwa Way Kanan. Universitas Islam Negara Raden Intan Lampung.
Pramuwitya, K., Syafri, F., & Febrini, D. ebrini. (2024). Pengaruh Media Permainan Kotak Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 5(1), 55–65.
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Retnaningrum, Wulandari, and I. L. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Warna, 4(1), 65–77.
Simamora, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai T.A 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/594
Wahyuningrum, A. K., & Dwiyanti, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Mystery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf. Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1–7.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.25125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 amelia amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: