PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BRUSH PAINTING DI TK IT BAITUSSHALIHIN ULEE KARENG BANDA ACEH

Authors

  • Muthmainnah, Heliati Fajriah, Ria Ulfa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9285

Keywords:

Motorik Halus, Brush Painting

Abstract

Brush painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Kegiatan brush painting melibatkan jari tangan dan koordinasi mata. Proses pembelajaran di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh ditemukan bahwa kemampuan motorik halus anak masih kurang optimal. Anak masih kesulitan saat memegang krayon dan masih belum rapi dalam mewarnai gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan brush painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental desain dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan perhitungan nilai pre-test 5.2 dan post-test 9.2 pada kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan brush painting dapat meningkatkan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Author Biography

  • Muthmainnah, Heliati Fajriah, Ria Ulfa, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Ari Wulandari, dkk, (2015), Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan

Media Bahan Alam dengan Teknik Mencetak untuk Meningkatkan

Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B TK Ganesha

Denpasar, e-Journal PG-PAUD, Volume 3, No 1.

Anas Sudijono, (2006), Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali).

Binti Eny Zul Afiah, (2018), Meningkatkan Kemampuan Seni melalui

Kegiatan Mewarnai dengan Teknik Paint Brush Kelompok B di TK

Dharma Wanita Plus Desa Singkalanyar, Artikel Pendidikan Usia

Dini.

Effi Kumala Sari, (2012), Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak

melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak

Aisyiyah Simpang IV Agam, Jurnal PAUD, Vol, 1, No. 1.

Johni Dimyanti, (2013) Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana).

Mulyasa, (2012), Manajemen PAUD, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).

Selia Dwi Kurnia, (2015), Pengaruh Kegiatan Painting dan Keterampilan

Motorik Halus terhadap Kreativitas Anak Usia Dini dalam Seni

Lukis, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol 9 Edisi 2.

Sudjana, Metode statistika, (Bandung: Tarsito).16

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta).

Suharsimi Arikunto, (2010), Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi

Aksar).

Suyadi, (2015), Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, (Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya).

Published

2021-03-27