PENERAPAN METODE ONE DAY ONE AYAT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGHAFAL JUZ AMMA DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

Munawwarah, Aisyah Idris, Husna Hakim

Abstract


Metode one day one ayat merupakan metode menghafal yang menyenangkan bagi anak karena dapat dilakukan dengan berbagai cara dan teknik yang dapat berpengaruh baik pada perkembangan jiwa anak. Proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan menghafal anak yang terjadi dilapangan masih kurang efektif, dikarenakan kurangnya fasilitas dan metode yang digunakan. Salah satu aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui metode ini adalah aspek perkembangan kognitif atau kecerdasan pada anak dalam proses menghafal ayat-ayat Al-Qur’an/Juz Amma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dalam penerapan metode ODOA terhadap kemampuan hafalan Juz Amma pada anak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design yang terdiri dari subjek yang berjumlah 7 anak dengan 3 laki-laki dan 4 perempuan. Data dikumpulkan melalui ceklist lembar observasi dan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan rumus uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengembangan dalam menghafal Juz Amma dengan penerapan metode ODOA pada saat pre-test mencapai 42,85%, post-test 91,42%. Data hasil uji-T diperoleh thitung> ttabel yaitu 16,552 >
2,447. Kesimpulan yang didapat bahwa penerapan metode ODOA dapat mengembangkan kemampuan hafalan Juz Amma.


Keywords


Anak Usia Dini; Menghafal Juz Amma; One Day One Ayat.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Jamil Aziz. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume. 2, No. 1.

Adisusilo, Sutarjo. (2013).Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Afrianti, Sulis, dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal On Earl Childhood. 1(1).

Anwar, Khoirul dan Mufti Hafiyana. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an”. Jurnal Universitas Ibrahim Sukarejo Situbondo. Vol. 2, No. 2.

Baharuddin. (2017). Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiono. (2018). Efektivitas Metode One Day One Ayat (ODOA) dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek dalam Al-Qur-An pada Siswa Tunanetra Di SDLB Putra Manunggal Gombol. Dwija cendekia Jurnal Riset pedagogi. jurnal UNS.

Faizin, Nur Muhith. (2012). Dahsyatnya Bacaan & Hafalan Al-Qur’an. Surakarta: Shahih.

Wajdi, Ustadz Farid, Nakib. (2017). Yuk, Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah dan Menyenangkan. Tangerang: Emir Cakrawala Islam.

Hidayat, Fattah. (2017). Kajian Psikologi Pembelajaran Hafal Qur’an Bagi Anak Usia Dini. The 2nd Annual Conference On Islamic Early Childhood Education, (Universitas Negeri Malang: Yogyakarta, Online ISSN (e-ISSN): 2548-4516, Volume 2. (83-94).

Hayati, Nur, dkk. (2017). Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 26 Tahun di Lembaga Paud Kecamatan Sleman. Vol. 6, Edisi. 2.

Hidayah, Aida. (2017). Metode Tahfidz Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini. Ejournal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 18, No. 1.

Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1, No. 2.

Holis, Ade.(2016). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, Vol. 09, No. 01.

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean

Piaget.Jurnal Intelektualita. Vol. 3, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Munawwarah, Aisyah Idris, Husna Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.