PERANAN DAN MANFAAT APE UNTUK MENDUKUNG KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Hijriati Hijriati

Abstract


Artikel ini membahas tentang permainan edukatif yang merupakan suatu bentuk
kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan atau kepuasan dari cara
atau alat pendidikan yang digunakan dalam kegiatan bermain. Disadari atau
tidak, permainan itu memiliki muatan pendidikan yang dapat bermanfaat dalam
mengembangkan diri seutuhnya. Permainan bagi anak harus sederhana dan
mudah diajarkan serta hanya menggunakan sedikit keterampilan. Sebagian besar
permainan memerlukan gerak dasar dan memberikan wahana yang
menggairahkan dalam melatih gerakan. Dengan demikian, orang tua dan guru
harus menciptakan permainan yang menunjang kreativitas dan mempunyai unsur
mendidik.

Keywords


Permainan Edukatif, Kreativitas dan Anak Usia Dini

References


Andang Ismail, Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan

Edukatif), Yogyakarta: Pilar Media, 2006

Layla Maghfiroh, Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Anak di TK Terpadu

Tarbiyatul Athfal Jepara, (Yogyakarta, UIN SUKA, 2010), hlm .57. /Skripsi,

Fak. Tarbiyah, Jur PAI

Maimunah Hasan, Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: DIVA Press, 2013.

Suyadi, Psikologi Belajar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani,

Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT

Indeks, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.