PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM TEMA MENGGAMBAR UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SENI AUD DI POCENTER ( Ponorogo Early Education Center )

vica Retno Rosalinda, Nurtina Irsad Rusdiani

Abstract


 

Teknik melukis jari atau lukisan jari tidak memerlukan penggunaan alat tertentu. Hal ini juga memungkinkan anak-anak untuk secara melatih keterampilan motorik halusnya melalui melukis dengan jari-jarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh manfaat teknik finger painting yang digunakan di Pocenter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifMetode penelitian kualitatif yang mengacu pada teori post-positivis digunakan untuk menyelidiki kondisi eksperimen yang realistis. Peneliti bertindak sebagai pemandu, mengumpulkan data melalui purposive dan snowball sampling, teknik trianggulasi (gabungan), analisis induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian lebih menunjukkan proses generalisasi dibandingkan penelitian aslinya. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran finger painting di POCENTER sangat menghibur dan patut untuk dikenalkan kepada anak-anak. Latihan finger painting merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan anak. Stimulus yang diberikan berperan sebagai katalisator yang memungkinkan siswa mencapai tujuan pembelajaran.


Keywords


Finger painting; perkembangan seni; anak usia dini

References


Antara, P. A. (2015). Pengembangan bakat seni anak pada taman kanak-kanak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29-34.

Prawesti, L. N. I., Herlina, H., & Tahani, Y. (2021). Studi Literatur Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Lukis Anak Usia Dini. Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 72-78.

Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018-1025.

Ari Purnami, Ida Ayu Wulan, and Nice Maylani Asril. “Finger Painting Dengan Olahan Kanji Untuk Meningkatkan Kemampuan Melukis Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9, no. 3 (2021): 431. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40591.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Faradillah, Dita, Nurhasanah Nurhasanah, and Muhammad Tahir. “Penerapan Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 3b (2022): 1665–69. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.828.

Gusliati, Pitria. “Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Padang.” Jurnal Pelita PAUD 4, no. 1 (2019): 81–88. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830.

Insani, Lala Puji Ziadini, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa, and Ika Rachmayani. “Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak.” Journal of Classroom Action Research 5, no. 1 (2023): 48–55. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815.

Jumriatin, Jumriatin, and Laode Anhusadar. “Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.” PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 4, no. 1 (2022): 31–49. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.815.

Mahendra, Juandra Prisma, and Fitriani Rahayu. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melaui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Paud Nurul Anshory Betumping Tahun Pelajaran 2020/2021.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7, no. 1 (2022): 272–75. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3442.

Marlina, Lenni, and Farida Mayar. “Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak 4, no. 2 (2020): 1018–25.

Octaviani, Saraswati, Anita Chandra, and Ratna Wahyu Pusari. “Analisis Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun,” 2017, 41–47.

Ramdini, Tiara Prima, and Farida Mayar. “Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3, no. 6 (2019): 1411–18.

Sundari, Rista, and Fatimatuz Zahro. “Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD.” Journal of Early Childhood and Character Education 1, no. 1 (2021): 73–90. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610.

Suryawan, I Gde, I Putu Suyasa Ariputra, and Ida Bagus Komang Sindu. “Manfaat Pembelajaran Finger Painting Bagi Anak Usia Dini.” Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2022): 26–27. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.561.

Susanti, Deni, and Desyandri Desyandri. “Dampak Penggunaan Metode Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Anak Usia Dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 5, no. 3 (2022): 365–72. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.403.

Gusliati, P. (2019). Bentuk kegiatan pembelajaran seni rupa di taman kanak-kanak mutiara ananda padang. Jurnal pelita PAUD, 4(1), 81-88.

Sari, M. M., Sariah, S., & Heldanita, H. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136-145.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.20514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 vica Retno Rosalinda, Nurtina Irsad Rusdiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.