KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN TEAMWORK PEMBELAJARAN DI MAS RUHUL ISLAM ANAK BANGSA, ACEH BESAR

Basidin Mizal, Refereni Dewi

Abstract


Kepala madrasah memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan keberlangsungan pembelajaran pada sebuah institusi pendidikan. Pada institusi pendidikan Islam, seperti madrasah, nilai kepemimpinan dari kepala madrasah diharapkan mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Dalam merealisasikan visi dan misi madrasah, kepala madrasah harus bekerja sama dengan peran atau sosok lainnya, seperti wakil madrasah bagian kurikulum, guru dan tenaga pengajaran ke dalam sebuah kelompok (team) yang suportif. Bentuk kerjasama ini disebut sebagai teamwork. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh kepada madrasah di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Aceh Besar dalam membentuk teamwork pembelajaran untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala MAS RIAB menerapkan beberapa strategi dalam membentuk teamwork pembelajaran, diantaranya: 1) menentukan pemilihan guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan; 2) menjadi penilai dan negosiator yang baik; 3) berperan sebagai penghubung dan pemecah masalah; 4) melakukan komunikasi langsung dengan kolega.

Keywords


kepemimpinan, madrasah, teamwork

Full Text:

PDF

References


Asmani, J. M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press

Dayanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Jogjakarta: Gramedia

Kasidah, Murniati A.R., & Bahrun. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh. Jurnal Megister Adminitrasi, 5(2).

M. Arafat Imam G, et. al. (2015). Book of Mentor [Bundling 4 in 1]: Leader University, The Art Of Meeting , Birokrat Berkarakter Sukses di Era Konseptual dan Catatan Akhir Kuliah, Kim Ara Holding Group

Marpaung, M. (2014). Pengaruh kepemimpinan dan team work terhadap kinerja karyawan Di Koperasi Sekjen Kemendikbud Senayan Jakarta, Jurnal Ilmiah Widia, 2(1).

Murdoko, W. H. (2011). What It Takes To Be A Leader Plus. Jakarta: Kompas

Nugroho, Y. A. B. (2018). Kepemimpinan untuk Mahasiswa Teori dan Aplikasi. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Pattisahusiwa, S. (2013). Pengaruh job description dan job specification terhadap kinerja proses. Jurnal Akuntabel, 10(1), 57-65.

Roberts, A. R., & Greene, G. J. (2011). Buku Pintar Pekerja Sosial Jilid 2. Medan: BPK Gunung Mulia

Said, A. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah, Jurnal Evaluasi, 2(1)

Salamah. (2016). Super Top No.1 Tes CPNS Sistem CAT. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Sarjana, S. (2014). Kontribusi kepemimpinan dan kerja sama tim terhadap etika kerja guru, Jurnal Paedagogia, 17(1).

Sugiyono. (2011). Meode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (Mengembangkan Spiriz Enterprenership Menuju Learning School. Bandung: Refika Aditma

Suryadilaga, R. M., Musadieq, M. A., & Nurtjahjono, G. E. (2016). Pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja (Studi Pada Karyawan PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 39(1), 156-163.

Toha, M. 2019. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Grafindo Persada

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Zaverdi, R., Yusuf, R., & Ibrahim, M. (2016). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai serta implikasinya pada kinerja sekretariat kabupaten pidie jaya. Jurnal Perspektif Ekonomi Darusalam, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.