MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515Keywords:
Proses, Belajar, anak.Abstract
Anak adalah individu yang unik dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan kemapuan harus diketahiu oleh setiap pengajar agar mudah menentukan cara atau strategi dalam mengajar untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Hasil belajar yang baik adalah dambaan setiap pengajar dan anak yang belajar dengan demikian maka perlu kiranya cara belajar yang baik agar proses belajarnya berjalan lancar. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memahami bagaimana proses belajar anak baik di rumah maupun di sekolah. Pemahaman proses belajar anak harus disesuaikan dengan karakter dan tahap perkembangan anak tersebut. Proses belajar anak hanya dapat diamati jika ada perubahan perilaku yang berbeda dengan sebelumnya. Karena proses belajar tersebut adalah serangkaian tahapan yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik pada individu yang belajar yang bersifat positif.MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAKReferences
B.R Hergenhahn dan Matthew H. Olson, Theories of Learning: Edisi Ketujuh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Baharuddin dan Wahyuni, E. N., Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007
Margaret E. Gredler, Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
Nasution, S, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
Purwanto, M. N, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Sudjana, N, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008
Surachmad, W, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: Jemmars, tt
Syah, M, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakaraya, 2008
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009