MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAK

Herawati Herawati

Abstract


Anak adalah individu yang unik dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan kemapuan harus diketahiu oleh setiap pengajar agar mudah menentukan cara atau strategi dalam mengajar untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Hasil belajar yang baik adalah dambaan setiap pengajar dan anak yang belajar dengan demikian maka perlu kiranya cara belajar yang baik agar proses belajarnya berjalan lancar. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memahami bagaimana proses belajar anak baik di rumah maupun di sekolah. Pemahaman proses belajar anak harus disesuaikan dengan karakter dan tahap perkembangan anak tersebut. Proses belajar anak hanya dapat diamati jika ada perubahan perilaku yang berbeda dengan sebelumnya. Karena proses belajar tersebut adalah serangkaian tahapan yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik pada individu yang belajar yang bersifat positif.MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAK

Keywords


Proses, Belajar, anak.

References


B.R Hergenhahn dan Matthew H. Olson, Theories of Learning: Edisi Ketujuh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Baharuddin dan Wahyuni, E. N., Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007

Margaret E. Gredler, Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

Nasution, S, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Purwanto, M. N, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Sudjana, N, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008

Surachmad, W, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: Jemmars, tt

Syah, M, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakaraya, 2008

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.