التقييم ونجاح تعليم اللغة العربية
DOI:
https://doi.org/10.22373/ls.v3i1.3758Keywords:
Evaluasi, Pengajaran Bahasa ArabAbstract
Kemajuan ataupun keterpurukan suatu negara tergantung pada proses pendidikan dan pengajaran. Karena begitu besarnya peranan proses ini، para guru dan pendidik harus memberi perhatian terhadapnya. Diantara indikasi adanya perhatian para guru terhadap proses tersebut, mereka mengetahui tujuan pembelajaran، benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan disajikan، mengetahui alokasi waktu yang tersedia untuknya, mampu memilih metode dan media yang sesuai، serta mampu melaksanakan evaluasi yang memenuhi syarat dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penulis mendalami masalah evaluasi karena ia merupakan salah satu sarana mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Dengan evaluasi dapat diketahui hasil proses pembelajaran. Dengan demikian para guru dapat mengetahui titik lemah kerjanya hingga ia dapat mengatasinya. Penulis ingin mengungkapkan peranan dan urgensi evaluasi dalam keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab pada makalah ini. Juga mencari jawaban terhadap pertanyaan bagaimana pembelajaran Bahasa Arab dengan ada atau tidak adanya evaluasi. Evaluasi yang dimaksud dalam makalah ini adalah evaluasi yang terkait dengan hasil belajar. Karena itu، pembahasan ini terkait erat dengan guru. Disini tidak dibahas evaluasi yang tidak terkait dengan proses pembelajaran. Diantara manfaat evaluasi adalah guru dapat mengetahui sejauh mana penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran، dapat menjadi reinforcement، dapat menjadi feed back، dapat mengatasi kendala dalam proses pembelajaran. Pengabaian evaluasi dapat berdampak pada ketidak berhasilan proses pembelajaran.
References
أ- المراجع العربية
ابراهيم بسيونى عميرة وفتحى الدين، 1979، تدريس العلوم والتربية العملية، دار المعارف.
أحمد شلبى، 1980، تعليم اللغة العربية لغير العرب،مكتبة النهضة المصرية.
محمد أشرف المكأوى، 2006، اساسيات المناهج، الطبعة الثانية، الرياض، دار النشر الدولي.
محمد على الخولى، 1982، أساليب تدريس اللغة العربية، ألرياض، دار العلوم.
محمد زياد حمدان، 1980، تقييم التعلم أسسه و تطبيقاته، دار الملايين.
رشدي أحمد طعيمة، 1986، المرجع في تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخري، مكة المكرمة، معهد اللغة العربية وحدة البحوث والمناهج.
ب- المراجع الإندونيسية
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Depag. R.I. Proses Belajar Mengajar, jilid IA، Jakart: Depag. R.I. 1986
Kasful Anwar Us dan Hendra Harmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan، Jakarta:، Bumi Aksara, 2012
Wirawan, Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi Dan Profesi، Jakarta: Rajagrafindo, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).