REFORMULASI KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH BERBASIS KOMPETENSI MERUJUK PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI); Upaya Menciptakan Kualitas Lulusan yang Profesional dan Berkarakter Islami.
DOI:
https://doi.org/10.22373/l.v6i2.870Keywords:
Reformulasi Kurikulum, KKNI, Profil LulusanAbstract
Dalam proses kependidikan, kurikulum bukanlah suatu hal yang statis. Konsep kurikulum dapat dirubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta orientasi masyarakat, serta adanya regulasi dan kebijakan dari pemerintah tentang pengembangan kurikulum. Berdasarkan fenomena tersebut, maka pengembangan kurikulum prodi PBA ke arah yang lebih baik dan profesional mutlak diperlukan. Reformulasi kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry dilakukan adalah perintah dari pasal 29 Undang Undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Konsep pengembangan kurikulum prodi PBA yang dilakukan adalah berbasis kompetensi mengacu pada KKNI. Dalam pengembangannya diformulasi visi, misi, deskripsi profil lulusan, cakupan bidang kajian dan mata kuliah, serta pembangunan keilmuan diarahkan pada bingkai KKNI sebagai usaha menghasilkan kualitas lulusan yang profesional di bidang pendidikan bahasa Arab dan memiliki nilai-nilai keimanan yang tercermin dalam perilakunya. Dengan formulasi kurikulum ini, prodi PBA akan konsisten melahirkan kualitas lulusan yang berkualitas dalam persaingan global.References
Cik Hasan Bisri, Agenda Pengembangan Pendidikan Tinggi Agama Islam, (Jakarta: Logos, 1999)
James A. Beane, et al., Curriculum Planning and Development, (Boston: Allyn and Bacon, 1986)
M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)
Noah Vebster, Webster’s New Twentieth Century Dictonrary of The English Language (New York: Simon & Schuster 1979)
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)
Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Perkembangannya, (Bandung: Mandar Maju, 1990)
Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Program Studi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
Panduan Akademik Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Tahun Akademik 2014/2015
Permen Ristek dan Dikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 73 tahun 2013
Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional
Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Racma Hasibuan, “Makalah Sinkronisasi dan Standarisasi Capaian Pembelajaran Prodi PGRA berbasis KKNI,” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2014
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Yahya Hamid Hamdan dan Jabir ‘Abdul Hamid Jabir, al-manahij: Ususuha, takhtitutha, taqwinuha, (Kairo: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah, 1978)
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).